"Loading..."

Perhutani Bangun Pabrik Umbi Porang

Koran Jakarta, JAKARTA – Perum Perhutani akan membangun pabrik pengolahan umbi porang di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, dengan investasi sekitar 50 miliar rupiah. Saat ini, Perhutani telah mengembangkan tanaman porang di lahan hutan 3.000 hektare.

“Tahun depan (2014) pembangunan pabrik tepung porang diharapkan sudah rampung sehingga pada tahun berikutnya (2015) mulai beroperasi dengan kapasitas produksi mencapai 30.000 ton tepung porang per tahun,” kata Direktur Utama, Bambang Sukmananto, di Jakarta, Rabu.

Porang dengan bahasa Latin Amorphophalus oncophyllus ini merupakan tanaman umbi-umbian yang memiliki berbagai kegunaan sebagai bahan makanan seperti mi, tahu, campuran makanan shirataki dan konyiku, juga untuk bahan baku industri lem, campuran bahan kertas, pengganti media tumbuh mikroba, dan pengganti solusa dalam kaca film.

Selain itu juga sebagai isolator listrik, campuran dalam alat-alat pesawat terbang, bahan parasut, bahan obat, penjernih air, pengikat formula tablet, pengental sirup, bahkan dijadikan bahan untuk kesehatan tubuh.

“Untuk tahap awal hasil produksi perdana pabrik tepung porang Blora ini akan diekspor ke Jepang dan sejumlah negara lainnya di Asia,” ujarnya. Sesuai dengan jenis tanamannya, porang sangat cocok dikembangkan di bawah hutan jati dan selama ini sudah dapat tumbuh dengan bagus di hutan jati milik Perhutani. Ant/E-11

Koran Jakarta | 10 Oktober 2013 | Hal. 11