"Loading..."

Divisi Regional Jateng Latih Petugas Berantasan Benalu

Foto Job Training

Dok.Kom-PHT/Hms Blr @2014

BLORA – PERHUTANI, (13/10) – Divisi Regional Jawa Tengah  Selenggarakan pelatihan pemberantasan hama benalu pada tanaman jati  di Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blora belum lama ini.
Pelatihan diikuti sebanyak 200 peserta dari 20 KPH lingkup Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah. Hal ini dimaksudkan sebagai langkah antisipasi dan pembrantasan hama benalu pada tanaman jati, sehingga kualitas dan mutu tanaman jati di akhir daur dapat meningkat.

Kegiatan pelatihan dibagi dua tahap yaitu tahap yakni pemberian materi dari Kepala Biro Pembinaan Sumber Daya Hutan Divre Jateng Yusuf Kristanto, dan praktik lapangan di petak 151 F dan petak 151 G Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Bradag Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ngawenombo KPH Blora.

Serangan hama benalu pada tanaman jati dapat menurunkan tingkat pertumbuhan, daun tumbuh mengecil, daya tahan tumbuhan terhadap serangan hama dan penyakit menurun sehingga dapat mempercepat tanaman jati mati pada usia muda. Hal ini dikarenakan akar benalu melilit cabang dan menempel melalui haustoria yang menginfeksi sampai dengan jaringan xylem pohon inang, cara efektif pembrantasan hama benalu pada tanaman jati yaitu dengan cara pruning atau pemotongan cabang yang terkena hama benalu, atau dapat dengan cara pengendalian hama benalu dengan bahan kimia. (Kom-Pht/ KPH-Blr/ Teguh)

Editor ; Ruddy Purnama
@copyright 2014

Share:
[addtoany]