"Loading..."

Perhutani Dukung Pertiwana Nasional IV 2014

pertiwana

Dok.Kom-PHT / Kanpus @2014

JAKARTA, PERHUTANI (15/12) | Perum Perhutani dukung penuh penghelatan akbar Perkemahan Bakti Saka Wanabakti (PERTIWANA) Nasional IV tahun 2014 di Bumi Perkemahan Cibubur dari tanggal 15 – 20 Desember 2014. Senin.

Menko PMK mengatakan Gerakan Pramuka merupakan ujung tombak pendidikan karakter bangsa yang dapat diandalkan.
“Gerakan Pramuka merupakan ujung tombak pendidikan karakter bangsa yang dapat diandalkan karena konsistensi” tegasnya.
Ketua Kwartir Nasional, Adhyaksa Dault dalam laporannya mengatakan bahwa Perum Perhutani berhasil menghidupkan kembali Saka Wanabakti dengan digelarnya Perkemahan Bakti Saka Pramuka Wanabakti Nasional IV Tahun 2014 di Cibubur.
“Pembinaan Saka Wanabakti terlihat seperti mati suri pada tahun-tahun terakhir. Apalagi kegiatan Pertiwana yang semestinya digelar sebagai agenda lima tahunan ini telah tujuh tahun tidak dihelat sejak Pertiwana III pada tahun 2007”,  tambahnya.
Dukungan Perhutani selain sebagai sponsor utama, kepengurusan dan kepanitiaan juga dari kontribusinya mengirimkan peserta dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat & Banten.
Kontingen binaan dari Perhutani Divisi regional Jawa Tengah terdiri dari 20 regu yaitu 10 regu Putra dan 10 regu Putri dengan jumlah peserta 160 orang.
Kontingen Jawa Timur terdiri dari 116 orang termasuk didalamnya peserta binaan Perhutani Divisi Regional Jawa Timur sebanyak 85 orang, sisanya binaan Dinas Kehutanan dan Pemda Kabupaten.
Sementara untuk Kontingen Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten terdiri dari 14 regu berjumlah 237 orang.
Pertiwana Nasional tahun ini mengangkat tema “One Scout, One Tree” (satu pramuka, satu pohon).

Perkemahan ini direncanakan diikuti 8.000 pramuka penegak dan pandega dari seluruh Indonesia dan negara-negara sahabat seperti Brunei, Malaysia, dan Vietnam.

Sampai dengan hari Senin, 15 Desember Pukul 18.00 WIB Peserta yang mendaftar mencapai 2.430 orang, termasuk peserta dari 2 negara Asean, yaitu Malaysia dan Brunei. Peserta akan terus bertambah mengingat beberapa propvinsi belum hadir.

Pertiwana Nasional adalah Perkemahan Bakti Saka Wanabakti yang diselenggarakan dalam 5 tahun sekali, bertujuan untuk pembinaan pramuka penegak (tingkat SLTA) dan pandega (tingkat mahasiswa) dan merupakan kegiatan bakti yang melakukan berbagai aktifitas bersifat kreatif, produktif, edukatif, inovatif dan rekreatif dalam bentuk perkemahan.

Kegiatan ini memiliki arti penting bagi pramuka sebagai upaya mengabdikan diri kepada masyarakat dan memupuk rasa persahabatan, persaudaraan dan perdamaian antar peserta melalui perkemahan.

Selama perkemahan akan diadakan perlombaan, festival dan penanaman pohon. Kegiatan perlombaan seperti lomba karya ilmiah inovasi bidang lingkungan hidup dan kehutanan, lomba fotografi, lomba pemilihan putra-putri rimbawan, lomba poster lingkungan hidup dan kehutanan, Green Pen Pertiwana (cerita rimba), penyuluh kehutanan berbabis seni tradisional, kegiatan pemecahan World Record

Berbagai festival menarik ada juga dalam Pertiwana Nasional kali ini, antara lain: festival kuliner wana nusantara, wanabakti fashion street carnaval, festival wana kerajinan dan produk kreatif, dan juga kegiatan pameran dan pasar rakyat, serta pentas seni budaya. (Kom-PHT/Kanpus @2014).

@copyright 2014 – KomPHT

Share:
[addtoany]