"Loading..."

Perhutani Garap Bisnis Properti

PALMERAH — Perum Perhutani tidak hanya fokus menangani hutan dan kayu. Perusahaan milik pemerintah itu kini menggali potensi bisnis baru di berbagai bidang. Misalnya, properti.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama Perum Perhutani Bambang Sukmananto saat menjadi pembicara dalam acara BUMN Marketeers Club di gedung Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto, kemarin. Dia menjelaskan, bisnis-bisnis baru Perhutani tidak akan ditangani perusahaannya secara langsung.

”Kami akan membuat anak-anak perusahaan yang akan menggarap bisnis lain itu,” ujarnya. Anak-anak perusahaan tersebut juga akan bekerja sama dengan perusahaan yang kompeten di bidangnya. ”Jadi, kami mencari uangnya lewat anak-anak perusahaan itu,” tuturnya.
Dia menjelaskan, Perhutani memiliki lahan kurang produktif seluas 2,4 juta hektare. Lahan-lahan tersebut sebenarnya masih bisa dikelola di bidang perkayuan dan kehutanan. Hanya, hasilnya tidak akan maksimal. Karena itu, lahan-lahan tersebut akan dimanfaatkan untuk bisnis properti yang lebih menguntungkan. Selain itu, Perhutani siap bekerja sama dengan pemda setempat untuk memanfaatkan lahan tersebut.

”Kan tidak mungkin Perhutani sendiri yang menangani bisnis properti,” tuturnya. Bisnis properti itu bisa berupa pembangunan hotel, apartemen, perumahan, bahkan perkantoran.

Bambang mengakui, upaya tersebut tidak mudah dilakukan. ”Pasti akan ada kerikil-kerikil yang menghalangi. Karena itu, kami membutuhkan dukungan dari banyak pihak,” ujarnya.

Saat ini Perhutani juga terus menyiapkan SDM yang berkualitas. Caranya melatih ibu-ibu yang tinggal di kawasan hutan. Menurut dia, ibu-ibu yang tinggal di daerah dekat hutan memiliki peranan yang sangat besar. ”Jika mereka mempunyai pemikiran maju, hal tersebut tentu akan mendukung para suami,” tuturnya.

Sementara itu, paparan Perhutani mendapatkan respons positif dari BUMN lain yang mengikuti acara tersebut. PT Hutama Karya yang menggeluti bidang konstruksi bahkan siap dilibatkan dalam proyek-proyek properti Perhutani. Sebab, mereka juga ingin memanfaatkan kayu-kayu milik Perhutani untuk bahan flooring. PT Telkom juga menegaskan kesiapannya men-support Perhutani di bidang teknologi informasi. Selain itu, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia siap terlibat dalam jalur distribusi. Selain properti, Perhutani juga siap mengembangkan bisnis di bidang wisata, energi maupun agribisnis. (oni/co2)

Sumber  : Jawa Pos, Hal 17

Tanggal  :  20 Agustus 2014

Share:
[addtoany]