"Loading..."

Perhutani Kedu Kembangkan Potensi Wisata Hutan

okezone.com – Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Kedu Utara terus berusaha mengembangkan potensi wisata kawasan hutan, setelah berhasil merintis objek wisata di Gunung Prahu dan Bukit Sikunir di wilayah Dieng, Kabupaten Wonosobo.

“Kami berupaya mengembangkan kawasan wisata di luar Gunung Prahu dan Sikunir di Wonosobo,” kata Administratur KPH Kedu Utara Iwan Setyawan di Temanggung, Senin (21/12/2015).

Ia menuturkan di luar Gunung Prahu dan Sikunir yang saat ini tengah digarap yakni kawasan wisata Gunung Andong di Kabupaten Magelang.

Selain itu, katanya, juga sedang dirintis di Mangli di lereng Gunung Sumbing, Kabupaten Magelang, yang tempatnya sangat bagus dan mungkin lebih bagus dari Sikunir.

“Kawasan Mangli memiliki potensi yang sangat bagus seperti Sikunir untuk menyaksikan matahari terbit. Kami sedang melakukan pendekatan dengan lembaga masyarakat desa hutan (LMDH) setempat untuk mau melakukan pembukaan,” katanya.

Ia menuturkan di wilayah Temanggung juga memiliki sejumlah lokasi yang sangat bagus untuk wisata dan sekarang sedang digarap wisata arung jeram di wilayah Candiroto.

Ia mengatakan pengelolaan objek wisata di kawasan hutan semua diserahkan pada LMDH agar kesejahteraan masyarakat di sekitar hutan semakin meningkat.

“Pengelolanya kami serahkan LMDH , karena tugas Perhutani menjaga ekosistem, memakmurkan masyarakat, dan mendapatkan keuntungan untuk gaji karyawan,” katanya.

Ia mengatakan pembagian pendapatan antara LMDH dengan Perhutani tidak semua lokasi sama tergantung pendapatannya, dilakukan secara musyawarah yang penting tidak ada yang dirugikan.

Sumber : okezone.com
Tanggal : 21 Desember 2015

Share:
[addtoany]