"Loading..."

Perhutani KPH Banyumas Timur Sedekahkan 2.017 Bibit Pohon

kecilSUARAMERDEKA.COM (4/1/2017) | Sambut tahun baru, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur menggelar sedekah pohon, dengan membagikan 2.017 bibit tanaman kepada masyarakat. Administratur Perhutani Banyumas Timur Wawan Triwibowo mengatakan, kegiatan sedekah pohon sudah dilaksanakan sejak 2015 lalu.
Kegiatan itu, dilakukan sebagai upaya memantik kepedulian warga terhadap lingkungan. ”Kegiatan ini, merupakan momentum kita mengajak masyarakat untuk menanam pohon, kita tahu saat ini penambahan jumlah penduduk tak mampu dicegah, demikian juga dengan pertumbuhan kendaraan bermotor.
Padahal manusia butuh oksigen, di lain sisi kendaraan bermotor justru penghasil karbon dioksida, pohon mampu mengubah karbon dioksida menjadi oksigen yang dibutuhkan manusia,” jelasnya, saat membagikan pohon kepada pengguna jalan di depan Kantor Bank Indonesia, Jalan Gatot Subroto, Purwokerto, Selasa (3/1).
Ia mengatakan, dalam kegiatan sedekah pohon ini, pihaknya membagikan 2.017 bibit pohon. Jumlah tersebut menurutnya disesuaikan dengan 2017. Bibit pohon tersebut terdiri atas tanaman buah seperti manggis, mangga, rambutan, dan nangka. Selain itu juga ada tanaman hutan, seperti mahoni, dan kopi. Adapun pembagian bibit pohon dibagikan di tiga lokasi berbeda, yakni depan Kantor Bank Indonesia, Alun-Alun Purwokerto, dan depan Kampus Unsoed.
Menurutnya tiga lokasi tersebut dipilih sebagai simbol. Alun-alun merupakan pusat pemerintahan, diharapkan pemerintah menjadi pemimpin dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan, sementara Bank Indonesia merupakan simbol pusat perekonomian, harapannya dalam membangun perekonomian tidak hanya mengeksploitasi lingkungan, namun juga melestarikan lingkungan.
”Unsoed, merupakan kampus, yang mana nantinya lahir pemimpin bangsa dimasa mendatang, jadi harapannya calon pemimpin juga harus peduli pada lingkungan,” imbuhnya. Bibit yang dibagikan, lanjutnya sebagian berasal dari hasil budi daya Perhutani, serta membeli dari hasil budi daya masyarakat di sekitar hutan.
Salah satu warga yang menerima bibit, Toyanto mengaku akan menanam bibit yang diterimanya. ”Terima kasih, bibitnya nanti akan saya tanam, biar buahnya dapat dimanfaatkan, serta pohonnya jadi peneduh,” ucapnya. (K17-14)
 
Sumber: suaramerdeka.com
Tanggal: 4 Januari 2017