"Loading..."

Perhutani KPH Padangan Serahkan Sharing Produksi 2011

PADANGAN – Mengawali tahun 2013 ini, Perhutani KPH Padangan yang dikomandoi administraturnya, Lorentius Suhartana, secara resmi menyerahkan dana sharing produksi kayu tahun 2011 kepada LMDH, bertempat di Balai Desa Kalangan Kabupaten Bojonegoro yang berbatasan dengan Kabupaten Ngawi.  Hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa Kalangan, Muspida dan beberapa tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Lorentius menyatakan kerjasama dengan masyarakat desa Kalangan melalui LMDH Lestari Mulyo ini sudah sangat baik.  Masyarakat yang tergabung dalam LMDh selama ini banyak membantu dalam melestarikan hutan di sekitar wilayah desa Kalangan. Untuk itu, menurutnya, sangat layak diberikan apresiasi dalam bentuk sharing hasil produksi. Lorentius mengatakan, ke depan kerjasama harus lebih ditingkatkan lagi, baik kualitas dan masa panen kayu, dengan menanam bibit jati yang dapat di panen hanya dengan kurun waktu maksimal 20 tahun, tambahnya,”

Dalam acara ini, Lorentius Suhartana menyerahkan dana sharing hasil produksi tebangan diwilayah RPH Kalangan BKPH Ngelo kepada Ketua LMDH Lestari Mulyo Desa Kalangan, sebesarRp.45.241.544,- yang disaksikan Kepala desa Kalangan, perangkat desa dan tokoh masyarakat setempat.

Sementara itu, Siti Rupinah, Kades Kalangan menyambut baik kerjasama yang selama ini terjalin dengan Perum Perhutani. Ia menyatakan akan selalu mendukung dan mengawal kerjasama ini sehingga masyarakat desa Kalangan melalui LMDH Lestari Mulyo dapat hidup layak dengan pengetahuan yang cukup. Melalui program PHBM ini, masyarakat juga dapat menanam tanaman jenis polowijo di areal hutan dengan sistem tumpangsari yang hasilnya sangat membantu perekonomian masyarakat desa,” tambahnya.

Dalam acara tersebut juga dijelaskan secara transparan tentang pembagian sharing hasil produksi kepada LMDH agar secara umum bisa memahami tentang kerjasama, sehingga LMDH bisa memahami antara hak dan kewajiban yang diatur dalam surat perjanjian kerjasama (SPKS) yang sudah di aktanotariskan.  Dana sharing tersebut diharapkan dapat meningkatkan usaha ekonomi produktif dan membantu keamanan hutan.

Humas KPH Padangan

Share:
[addtoany]