"Loading..."

Perhutani, Polres, dan Gojec Cari ”Rute Peduli”

Perum Perhutani KPH Purwodadi mengajak Polres Grobogan yang diwakili Police Grobogan Trail (P-Gatra) dan Grobogan Jeep Community (Gojec) mencari ”Rute Peduli”, dalam rangka membuka jalur dari hutan di wilayah BKPH Pojok menuju ke dusun terpencil di Kecamatan Wirosari, Sabtu (28/1).

”Kami akan mengadakan bakti sosial dan penanaman pohon di Dusun Babar, Desa Gedangan, Kecamatan Wirosari, pada pertengahan Februari mendatang. Dusun tersebut akan ditempuh melalui jalur masuk hutan. Oleh sebab itu, kami mengawalinya dengan mencari rute terlebih dahulu,” kata Wakil Kepala KPH Purwodadi Joko Adiyanto SHut didampingi Wakapolres Kompol Anton Perda SIK, dan Kades Gedangan Subandriyo, serta Sekretaris Gojec Dheky Kenedi, Sabtu (28/1).

Ditambahkan Joko Adiyanto, dipilihnya Dusun Babar untuk pelaksanaan bakti sosial dan penanaman pohon, dikarenakan di daerah tersebut ada sekitar 75 kepala keluarga (KK) dalam satu area terpencil yang belum mendapat layanan listrik dari PLN. Selain itu, di daerah tersebut pernah terjadi tanah longsor, sehingga harus dijaga kondisi hutan untuk mencegah terulangnya bencana.

Harapkan Listrik

Dalam pencarian rute itu, seluruh peserta pecinta offroad dibagi menjadi dua kelompok, yaitu jip dan trail. Masing-masing kelompok didampingi satu petugas penjaga hutan di wilayah yang akan dilewati dalam pencarian rute tersebut.

”Ada beberapa rute yang benar-benar baru, dan ternyata cukup lumayan. Wilayah hutan KPH Purwodadi cukup mengasyikan. Hutannya lebat, ada jalur sungai berbatu yang dialiri air jernih dari pegunungan Kendeng Selatan,” ujar Kompol Anton Perda didampingi Kabag Ops Kompol Wilhelmus S.

Sementara itu, Kades Gedangan, Subandriyo, menyambut baik kegiatan peduli terhadap salah satu dusun di desanya itu. Dia mengaku sudah bertahun-tahun berupaya agar 75 KK di Dusun Babar memperoleh aliran listrik. Bahkan, dia sudah mengirimkan surat ke pemerintah pusat, dan mengurusnya sampai Jakarta.

”Kegiatan ini merupakan awal dari acara Februari mendatang. Kami selaku tuan rumah sangat berterima kasih atas langkah Perhutani, Polres Grobogan, dan komunitas jip Grobogan, yang menyiapkan acara sosial di dusun tersebut. Semoga apa yang diharapkan warga babar dapat segera terwujud,” ujar Subandriyo. (K11-69)

Suara Merdeka/ 30 Januari 2012/h. 25

Share:
[addtoany]