"Loading..."

Perhutani Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik 2015 dari Presiden RI

KBRN, Jakarta : Direktur Utama Perum Perhutani, Mustoha Iskandar menghadiri acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia di Istana Negara, sehubungan terpilihnya Perum Perhutani sebagai peringkat lima Keterbukaan Informasi Badan Publik kategori BUMN, Selasa (15/12/2015).

Tahun ini untuk ke lima kalinya Komisi Informasi Pusat melakukan pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik terhadap ketaatan implementasi seluruh kewajiban Badan Publik seperti yang diamanatkan oleh Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008, dengan metode yang telah dikembangkan dan ditingkatkan untuk menghasilkan suatu hasil yang lebih terukur.

Menurut Ketua Komisi Informasi Pusat, Abdulhamid Dipopramono saat melaporkan kegiatan kepada Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, kegiatan tahunan ini untuk mengetahui tingkat pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dari Badan Publik dalam menjalankan kewajiban dan memberikan akses informasi publik ke masyarakat, melalui pengembangan metode dan instrumen pemeringkatan Badan Publik.

Sejumlah 386 Badan Publik yang masuk ruang lingkup kegiatan ini, kategorinya adalah Kementerian,Pemerintah Provinsi,Lembaga Negara,Lembaga Non Struktural, BUMN, Perguruan Tinggi Negeri, dan Partai Politik Nasional.

Penilaian dimulai Oktober 2015 sampai Desember 2015 oleh tim dari Komisi Informasi Pusat. Untuk kategori BUMN dari 120 BUMN yang dinilai, hanya 51 BUMN yang mengembalikan penilaiannya.

Penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik 2015 disampaikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia di Istana Negara Selasa (15/12/2015). Perum Perhutani menempati urutan ke LIMA dari semua BUMN yang mengikuti ajang penilaian ini.

Mustoha Iskandar mengatakan, dalam kegiatan ini Bapak Presiden Joko Widodo betul-betul menerapkan komitmennya mendorong semua lembaga pemerintah, BUMN, Perguruan Tinggi dan lembaga lainnya untuk menerapkan keterbukaan dan memberikan pelayanan informasi kepada publik sebaik-baiknya.

Perolehan penghargaan ini, bagi Direktur Utama Perum Perhutani, akan dijadikan momentum untuk membawa perusahaan semakin berprestasi tidak saja dibidang pelayanan informasi namun juga untuk kinerja lainnya.

“Semoga ini semakin memotivasi kinerja seluruh jajaran di Perum Perhutani” demikian Mustoha Iskandar saat ramah tamah di Istana Negara. (Rell/HF)

Tanggal : 16 Desember 2015

Sumber : www.rri.co.id

Share:
[addtoany]