"Loading..."

Perhutani Siap Jadi Induk Perusahaan Perhutanan

Okezone, JAKARTA – Perum Perhutani menyatakan, akan menjadi induk perusahaan perhutanan. Saat ini Perum Perhutani yang membawahi PT Inhutani I hingga V, tengah melakukan proses holding. Akan tetapi hingga saat ini proses holding itu sedang diproses oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Direktur Utama Perum Perhutani Bambang Sukmananto mengatakan, pihak Perhutani telah menyelesaikan segala syarat untuk melakukan holding, seperti melakukan berbagai kajian-kajian.

“Induknya perhutani, bola di Kemenkeu, mergernya sudah tidak ada urusan dengan BUMN, kajian sudah selesai,” ucap Bambang kepada wartawan saat berdiskusi di Jakarta, Rabu (9/10/2013).

Bambang menjelaskan, jika sudah terealisasi untuk holding, Perhutani dan Inhutani akan tetap menjalankan operasional perusahaan masing-masing setelah penggabungan.

“Kajian konsultan dari Universitas Indonesia (UI) sudah, persyaratan dari kehutanan sudah, holding operasional, jalan kedua-duanya, cuma keuangan menjadi satu,” tambahnya.

Dirinya juga menambahkan, proses tersebut masih dalam penanganan Kemenkeu yang nantinya akan diserahkan ke Presiden dan disahkan yang nantinya dalam bentuk Peraturan Pemerintah.

“Kemenkeu lalu dilimpah ke Presiden, dalam bentuk PP,” tukas dia.

Dapat kita ketahui, Perhutani mencatat pendapatan sekira Rp2,3 triliun, di mana gondorukem merupakan penopang pendapatan terbesar kedua Perhutani setelah penjualan kayu logs atau kayu bundar. Ekspor untuk gondorukem ini melonjak 12 persen dari angka RKAP. (dan)
(wdi)

Jurnalis : Hendar Kusuma
Okezone | 09 Oktober 2013 | 15.56 WIB

Share:
[addtoany]