"Loading..."

Perhutani Siapkan Perhutanan Sosial di Malang

BISNIS.COM (9/6/2017) | Direktur Utama Perum Perhutani Denaldy M Mauna bertemu pengurus dari lima Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di petak 83c, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pujon Selatan, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Pujon, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Malang. Pertemuan ini untuk mempersiapkan implementasi Perhutanan Sosial.

Denaldy menyebut proyek percontohan Perhutanan Sosial 2017 di KPH Malang seluas 56.074,7 ha dengan luas terverifikasi 30.472,7 ha. Adapun khusus BKPH Pujon seluas 3.757,1 ha dengan luas verifikasi 2.996,3 ha.

“Dengan Perhutanan Sosial, Perhutani terus meningkatkan kerjasama dengan LMDH dalam pengelolaan hutan melalui pemberdayaan dan tetap berpedoman pada aspek kelestarian. Ini menjadi prioritas menuju hutan lestari yang menyejahterakan masyarakat,” tuturnya melalui keterangan resmi pada Jumat (9/6).

Pengurus yang hadir diantaranya dari LMDH Wono Asri, LMDH Wono Lestari Sejahtera, LMDH Cahaya Alam Lestari, LMDH Wono Lestari, dan LMDH Kedung Sumber Rejeki wilayah Pujon Malang.

Untuk petak 83c seluas 63,2 ha di Pujon Selatan, akan ditanami komoditi pakan ternak rumput gajah, kopi arabika, dan tanaman buah serta palawija, selain tanaman pokok kehutanan.

“Rencananya kami buat agroforestry dengan tanaman jenis jeruk, apel, alpukat, dan lain lain. Selain peningkatan ekonomi, masyarakat yang terlibat juga bisa menjaga kelestarian lingkungan,” tutur Ketua LMDH Wono Asri Suwandi.

Sumber : bisnis.com

Tanggal : 9 Juni 2017