"Loading..."

Perhutani Situbondo Tanami Ribuan Pohon

7-foto-kilas-1-awi-sengon-kphHARIANBHIRAWA.CO.ID (29/1/2017) | KPH Perhutani Bondowoso (Situbondo dan Bondowoso) tak pernah berhenti memperluas kawasan penghijauan lahan di dua Kota di Jawa Timur dalam beberapa tahun terakhir ini. Yang terbaru, KPH Perhutani Bondowoso bersama Kodim 0822 Bondowoso merealisasikan reboisasi di kawasan Petak 85 KRPH Belawan Ijen Bondowoso, dengan ribuan bibit pohon sengon. Tak hanya komoditas jenis kayu sengon saja, KPH Perhutani Bondowoso bersama personil TNI juga menanam kentang dan kubis di lahan tersebut.

Administratur KPH Perhutani Bondowoso, Adi Winarno mengatakan, dalam program penghijauan lahan di Petak 85 KRPH Belawan, pihaknya menanam bibit kayu sengon seluas 100 hektar. Langkah ini dilakukan, urai Adi Winarno, selain untuk mewujudkan penanaman kembali juga untuk mengantisipasi terjadinya tanah longsor, banjir dan bencana lainnya. “Sedangkan untuk tanaman jenis kentang dan kubis bertujuan untuk meningkatkan jalinan kerjasama dan kemitraan bersama warga sekitar hutan,” ujar mantan Administratur KPH Perhutani Banyuwangi Barat itu.

Masih kata Adi Winarno, gerakan reboisasi ini akan terus digalakkan seiring dengan datangnya musim hujan diwilayah Perhutani baik di Kabupaten Situbondo maupun Kabupaten Bondowoso. Apalagi, lanjut Adi Winarno, di kawasan lahan Petak 85 KRPH Belawan itu cukup lama tidur panjang sehingga secepatnya dilakukan penanaman pohon kembali.

“Kami memang sengaja mengajak jajaran TNI di Kodim 0822 Bondowoso, karena sejak awal sering melakukan kerjasama di lapangan,” papar Adi Winarno yang didampingi Wakil Kepala Administratur Perhutani Situbondo Moh Ajib kemarin.

Di sisi lain, Kepala Seksi Pengelolaan Sumber Daya Hutan (PSDH) KPH Perhutani Bondowoso, Enny Handhayany menuturkan acara reboisasi di Petak 85 KRPH Belawan merupakan tindak lanjut dari komitmen bersama antara Perhutani dengan jajaran Forpimda Kabupaten Bondowoso dan seluruh stake holder serta elemen masyarakat di kawasan Ijen. [awi]

Sumber: harianbhirawa.co.id

Tanggal: 29 Januari 2017