"Loading..."

Perhutani Sumedang Bersinergi Kelola Lingkungan

2014-12-27-SMD-KPH Sumedang Kelola Lingkungan

Dok.Kom-PHT/Smd @2014

SUMEDANG, PERHUTANI (22/12) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Sumedang bersama Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Provinsi Jawa Barat melaksanakan pengkajian secara partisipatif dengan metode Partisifatory Rural Appraisal (PRA) terhadap Hutan Pangkuan Desa (HPD) di kawasan hutan Gunung Geulis RPH Genteng BKPH Manglayang Timur.

Hal tersebut sebagai upaya peningkatan kualitas lingkungan di dalam maupun diluar kawasan hutan khususnya yang ada disekitar kawasan hutan yang dikelola Perum Perhutani Sumedang.

Langkah awal pelaksanaan PRA dilaksanakan pembahasan bersama dengan melibatkan semua pihak yang berkepentingan antara lain, masyarakat sekitar hutan, Dinas Instansi tingkat Provinsi dan Kabupaten, Pemerintah Desa, Pecinta Lingkungan, dan pihak swasta yang terkait di wilayah Kabuapten Sumedang.

Hal tersebut dimaksudkan untuk memperoleh kesamaan persepsi tentang pentingnya pengelolaan lingkungan yang baik sebagai imbal balik jasa lingkungan.

Administratur Perhutani Sumedang, Agus Mashudi menyampaikan bahwa dalam mensukseskan upaya peningkatan kualitas lingkungan sangat diperlukan kolaborasi antara semua pihak dalam pelaksanaan kelola sosial masyarakat yang ada disekitar hutan, disamping itu harus ada rencana kegiatan yang menuju pada peningkatan pemanfaatan jasa lingkungan serta peran aktif seluruh pengguna jasa lingkungan. (Kom-PHT/Smd)

Editor : Dadang K Rizal

@copyright 2014

Share:
[addtoany]