"Loading..."

Perhutani Support Desa Binaan SMASA

Radar Banyuwangi – Perum Perhutani KPH Bondowoso terus memberikan support terhadap pihak-pihakyang aktif dalam gerakan perbaikan lingkungan dan alam Seperti pagi kemarin(16/12), dilakukan penyerahan ratusan sejumlah bibit pohon kepada SMAN 1 Situbondo (SMASA).

Apa yang dilakukan Perhutani KPH Bondowoso (juga membawahi Situbondo) ini sebagai bentuk dukungan nyata kepada SMAN 1 Situbondo yang telah memiliki desa binaan yang langsung berbatasan dengan Hutan.

Yakni di Desa Sumberargo, Kecamatan Sumbermalang. Acara serah terima diikuti jajaran Asper, Mantri Kehutanan hingga Polisi Hutan dan mobile. Kepala SMAN 1 Situbondo, Syamsul Arifin menerangkan, kegiatan desa binaan dilakukan oleh kelompok siswa SMAN 1 Situbondo yang berorientasi itu pada kepedulian masyarakat. “Ini sudah menginjak tahun yang ketiga,” terangnya, kemarin.

Disebutkan, salah satu tujuan Desa Binaan diantaranya mengajari siswa bersosialisasi dengan masyarakat. Selain itu, memberikan pembelajaran agar siswa kenal dengan lingkungan. Mereka bisa lebih peduli kepada yang membutuhkan, memberi tambahan ilmu dan wrawasan langsung kepada masyarakat.

“Kegiatan Desa Binaan tidak hanya sekedar tanam pohon. Tapi, juga ada pemanfaatan sumber daya alam. Kita sudah melakukan pipanisasi walaupun sifatnya hanya stimulan. Kita juga membangun mineset anak-anak di daerah terpencil, agar kian sadar dan terus bangkit. Kita juga memberikan penyuluhan kesehatan, layanan keterampilan, hingga pemanfaatan lahan hingga hasil pertanian dan perkebunan” terangnya.

Untuk bibit yang diterima dari Perhutani, kata Syamsul, akan dibagikan kepada masyarakat Sumberargo untuk ditanam. “Tentu tidak dilepas begitu saja, kami bersama-sama masyarakat dalam rangka pelestarian lingkungan akan langsung berkoordinasi dengan kepala desa, termasuk terus melakukan pemantauan tanaman,” terangnya.

Sementara itu, ADM Perhutani KPH Bondowoso, Adi Winarno mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan program Desa Binaan yang dilakukan siswra SMAN 1 Situbondo. “Mereka mampu memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat di Sumberargo, termasuk bagaimana harus mencintai dan merawat terhadap lingkungan,” terangnya.

Adi berharap, apa yang dilakukan SMAN 1 Situbondo mampu membuat tingkat pendidikan, pengetahuan warga menjadi lebih bagus, terutama kepada lingkungannya, “menurut saya ini luar biasa. Sehingga kami dari Perhutani ya harus memberikan support yang seperi ini. Apalagi sekarang Bulan Desember, bulan menanam Indonesia,” papar Adi.

Sebagai BUMN yang bergerak di bidang kehutanan, lanjut pria asal Panarukan tersebut, tentu dirinya akan selalu memberikan suport besar kepada semua pihak yang menjadi penggiat-penggiat penyelamatan lingkungan.

Misalnya dalam hal penyediaan bibit. “Harapan kami semakin banyak bibit yang terdistribusi, tutupan lahan dimana saja di Republik Indonesia ini terutama di tanah jawa semakin bagus,” imbuhnya. (pri/adv)

Sumber : Radar Banyuwangi, hal. 27
Tanggal : 17 Desember 2015

Share:
[addtoany]