"Loading..."

Perum Perhutani Lindungi Jawa dari Asap

Metrotvnews.com, Jakarta: Perum Perhutani memaparkan bahwa pihaknya berhasil mengamankan Pulau Jawa dari bencana kabut asap akibat kebakaran hutan meskipun sempat terjadi adanya kebakaran hutan pinus di areal Perhutani.

“Selama kemarau ini, relatif di Jawa tidak ada kabut asap kan, meskipun pulaunya kecil tapi kabut asapnya tidak ada. Itu artinya Perhutani berhasil mengamankan dan menekan terjadinya kebakaran hutan,” ujar Direktur Utama (Dirut) Perum Perhutani Mustoha Iskandar, dalam acara Indonesia Infrastructure Week 2015, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (6/11/2015).

Kemudian, Ia mengungkapkan kebakaran yang terjadi di Pulau Jawa mayoritas disebabkan oleh faktor alam. Selain itu penyebab lainnya ialah orang yang sedang membuat api ketika lagi naik gunung namun tidak tahu cara mengendalikannya.

“Kadang ada yang naik gunung bikin api dan tidak terkendali sehingga terjadi kebakaran tapi tidak terlalu besarlah dibandingkan dengan luar Jawa,” ungkap Mustoha.

Kemudian dirinya mengaku sudah mengerahkan sebanyak 8.000 polisi hutan yang bersiaga selama 24 jam. Upaya ini dilakukan untuk menghindari hutan dari berbagai macam tindakan yang dapat berpotensi menyebabkan kebakaran khususnya areal hutan Perhutani.

“Oleh sebab itu, Pulau Jawa aman dari asap. Meskipun ada kebakaran hutan, tapi tidak sebesar di luar Jawa,” jelasnya. (AHL)

Tanggal : 6 Nopember 2015
Sumber : metrotvnews.com

Share:
[addtoany]