"Loading..."

Perum Perhutani Tanam Sejuta Pohon

JAWAPOS.COM (14/12/15) | Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur KPH Madura menggelar kegiatan menanam pohon Rabu (13/12). Kegiatan dengan tajuk ”Menanam Pohon Menyelamatkan Alam” itu dilakukan di Desa Terak, Kecamatan Tlanakan.

Kegiatan menanam pohon dilakukan serentak di Jawa Timur. Tak kurang 19 juta bibit pohon ditanam di lahan seluas 14 ribu hektare. Di Madura, hampir sejuta bibit pohon ditanam di lahan seluas 446 hektare. Kegiatan menanam pohon itu melibatkan muspika, perangkat desa, masyarakat, dan andika Pramuka.

Kepala Perum Perhutani KPH Madura Ir. Haris Suseno, M.M., menjelaskan, menanam pohon bermanfaat bagi kelestarian hutan. ”Hutan berfungsi mengatur siklus air, menjaga kesuburan tanah, mencegah erosi, banjir, longsor, dan kekeringan,” jelasnya.

Menanam pohon memiliki banyak fungsi dan manfaat. Ada fungsi konservasi dan produksi. Manfaat hutan, di antaranya, untuk lingkungan, sosial, dan ekonomi. ”Mari lestarikan hutan dan lingkungan di sekitar kita agar dapat memberikan manfaat yang seimbang. Lingkungannya bagus dan sosial ekonominya juga bagus. Hutan lestari, masyarakat sejahtera,” ucapnya.

Sumber : jawapos.com

Tanggal : 14 Desember 2017