"Loading..."

Perum Perhutani TOP Green IT 2015

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Perum Perhutani meraih penghargaan TOP Green IT 2015. Sebuah kategori Special Recognition dalam ajang TOP IT & TOP TELCO 2015.

“Mengapa kami menang? Karenaa plikasi E-Office di Perum Perhutani berdampak positif bagi perusahaan, terutama dari aspek finansial dan lingkungan. Dengan e-Office perusahaan bisa hemat Rp45 miliar pertahun terdiri dari penghematan kertas Rp372,6 juta pertahun, tinta printer Rp4,140 milyar pertahun dan biaya personel Rp41,25 milyar pertahun,” ujar Direktur Utama Perum Perhutani, Mustoha Iskandar, usai menerima penghargaan di acara Indonesia Infrastructure Week 2015 di Jakarta Convention Center, Jumat (6/11/2015).

Bahwa penghargaan TOP Green IT 2015 diberikan kepada perusahaan BUMN Perum Perhutani ini lantaran dinilai oleh para juri berhasil mengimplementasikan pemanfaatan IT atau Electronic Office (e-office).

Electronic office ini merupakan bentuk perkembangan teknologi dan informasi perkantoran. Baik itu dalam hal surat- menyurat elektronik dan diakui secara legal oleh semua pihak, meskipun tanpa dibubuhi tanda tangan.

Surat-surat e-office tersebut juga berlaku sah karena proses kerja telah melalui pejabat terkait untuk koreksi maupun keabsahannya.

Selain penghematan finansial tersebut, dampak lainnya dari e-office dapat mengurangi penggunaan kertas, sehingga pohon yang ditebang untuk bahan baku kertas lebih kurang 690 batang pertahun juga ikut mengalami penurunan.

“Satu lembar kertas yang digunakan memiliki berat minimal 5 gram. Perusahaan menggunakan rata-rata 34 ton kertas pertahun untuk kebutuhan surat menyurat, sedangkan 1 ton kertas membutuhkan 20 pohon dalam prosesnya, atau minimal 690 batang ditebang demi mencukupi kebutuhan kertas,” terangnya.

Sehingga, lanjut Mustoha, capaian Perum Perhutani ini menjadi tantangan transformasi bisnis perusahaan kedepan dengan target implementasi pada semua unit kerja perusahaan. Perum Perhutani sebagai pengelola 2,4 juta Ha hutan di Jawa Madura dan sebagai induk holding perusahaan kehutanan Indonesia mengaku akan terus meningkatkan layanan terbaik bagi para pemangku kepentingan dengan mengutamakan kelestarian hutan dan lingkungan. ?(Reza)

Tanggal  : 6 Nopember 2015
Summer : Citraindonesia.com

Share:
[addtoany]