"Loading..."

Polres, Perhutani dan Komunitas Trail Tanam Pohon

GROBOGAN – Sebagai wujud kepedulian lingkungan dan pembauran bersama masyarakat, Polres Grobogan bersama Perhutani KPH Gundih dan komunitas trail RFC serta P-Gatra melaksanakan penghijauan berupa penanaman pohon di sepanjang jalan Desa Bandungharjo, Kecamatan Toroh, Senin (17/6).

Ratusan pecinta trail yang dipimpin langsung Kapolres AKBP Langgeng Purnomo SIK MH meluncur dari Mapolres menuju lokasi penanaman melalui jalur hutan KPH Gundih, sejak pagi. Rute yang dilalui dikenal cukup ekstrem.

‘’Kegiatan ini juga sebagai salah satu agenda rangkaian HUT Ke-67 Bhayangkara. Sengaja kami mengajak para pecinta trail, supaya mereka lebih dekat dengan lingkungan, apalagi selama melakukan aktifitas, bersinggungan langsung dengan lingkungan di hutan,’’ kata Kapolres didampingi Wakapolres Kompol Anton Perda SIK dan Kasat Reskrim AKP Ngadiyo SH, kemarin.

Sesampainya di Balai Desa Bandungharjo, rombongan disambut petugas Perhutani KPH Gundih yang dipimpim Administratur, Ir Roberto Pardamean, beserta masyarakat setempat. Alunan musik campursari dan suguhan menu khas desa membuat suasana jadi hangat dan akrab.

Pada kesempatan itu, seluruh peserta melakukan tanam pohon yang diawali secara simbolis oleh Kapolres dan Adminstratur atau KKPH Gundih. Disela-sela acara, Kapolres juga memberikan bantuan kepada masyarakat berupa puluhan tikar dan alat olahraga.

”Ada filosifi tersendiri dengan bantuan tikar tersebut. Menurut saya, tikar merupakan alas duduk atau rebahan yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk berembug memecahkan solusi secara bersama. Nah, hal itulah yang ingin saya bangkitkan kembali di tengah-tengah masyarakat. Supaya semua elemen saling toleransi dan duduk bersama memecahkan segala persoalan, termasuk soal Kamtibmas,” imbuh Langgeng Purnomo.

Mendukung

Sementara itu, KKPH Gundih Roberto Pardamean mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh kegiatan penghijauan di wilayah pemangkuan hutannya.

Terlebih, di Desa Bandungharjo merupakan daerah tepian hutan terdapat salah satu area dilindungi yang bersifat ritual yaitu kawasan Cindelaras atau Sendang Pengilon. ”Kami sangat mengapresiasi langkah Polres dan komunitas trail. Kedepan kami berharap, kegiatan semacam ini terus dilaksanakan untuk kepentingan bersama di masa men­da­tang,” te­rangnya.

Kades Bandungharjo, Suwadi mewakili masyarakat setempat menyampaikan terima kasih atas segala bentuk kegiatan positif yang dilakukan polisi bersama pecinta trail di desanya. Pihaknya juga mendoakan supaya dalam melaksanakan tugas, polisi dapat menyelesaikan sebaik-baiknya. (K11-64)

Sumber : suaramerdeka.com
tanggal : 18 Juni 2013

Share:
[addtoany]