"Loading..."

Proses Pembangunan Pabrik Sagu Perhutani di Papua Sudah 85%

Eko Nordiansyah – 03 Maret 2015 14:50 WIB

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Perum Perhutani Agus Setya Prastawa mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan pembangunan pabrik sagu di kawasan Siak, Sorong Selatan, Papua Barat. Pembangunan pabrik sagu ini, lanjutnya, merupakan penugasan program pemerintah dalam rangka peningkatan produksi pangan, khususnya sagu.

Menurut Agus, saat ini proses pembangunannya sudah mencapai 85 persen. “Karena sagu yang ada di Papua sangat besar (produksinya),” ungkap Agus ditemui usai konferensi pers soal kinerja Perhutani 2014, di kantor Perum Perhutani, Jl Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (3/3/2015).

Perhutani, kata Agus, juga akan melibatkan warga lokal dalam mengelola pabrik sagu di kawasan tersebut. “Kalau sudah siap nantinya pabrik ini akan menghasilkan produksi 100 ton per hari,” tukasnya.

Sekadar informasi, akhir 2014 lalu, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mencanangkan program Papua sebagai lumbung pangan nasional melalui pengembangan industri berbasis komoditas di wilayah itu. Sejumlah komoditi yang diharapkan dapat menunjang lumbung pangan nasional itu adalah padi, jagung, kedelai, kacang tanah, sagu, ubi, sayur mayur dan buah-buahan.

Sumber : metrotvnews.com
Tanggal : 3 Maret 2015

Share:
[addtoany]