"Loading..."

Puluhan Mahasiswa UGM Bakal Lakukan Penelitian di Kawasan Hutan Perhutani Purwodadi

MURIANEWS.COM (16/11/2017) | Mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta bakal melangsungkan penelitian di kawasan hutan milik Perhutani KPH Purwodadi. Rencananya, penelitian akan dilangsungkan sekitar satu bulan di dua wilayah BKPH, yakni Penganten dan Jatipohon.

”Jadi, mahasiswa dari UGM ini sedang ada kegiatan praktek lapangan. Totalnya, ada 66 mahasiswa didampingi 5 dosen pembimbing,” ungkap Wakil Administratur KPH Purwodadi Teguh Waluyo, Kamis (16/11/2017).

Menurut Teguh, mahasiswa tersebut akan melakukan praktek lapangan mengenai perencanaan rehabilitasi lahan dan hutan (RHL). Selama ini, pelaksanaan RHL dinilai masih terkendala beberapa faktor. Antara lain, sumber daya manusia dan kesiapan teknologi.

Sebelum melangsungkan praktek lapangan, para mahasiwa dibekali informasi mengenai kondisi hutan yang ada di pangkuan KPH Purwodadi. Mulai dari luasan areal, kondisi geografis, jenis tanaman, hingga karakter masyarakat sekitar kawasan hutan.

”Sebelum terjun ke lapangan, adik-adik ini kita kasih gambaran mengenai kondisi riil dilapangan. Dengan demikian, informasi ini akan memudahkan mereka saat melakukan praktek lapangan,” jelasnya.

Teguh menambahkan, pihaknya mengapresiasi dipilihnya wilayah hutan KPH Purwodadi sebagai tempat praktek lapangan mahasiswa dari UGM tersebut. Soalnya, hasil dari praktek yang dilakukan kalangan akademisi tersebut nantinya bisa dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam mengambil kebijakan. Terutama yang berkaitan dengan RHL.

Sumber : murianews.com

Tanggal : 16 November 2017