"Loading..."

Revitalisasi Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat

2014-12-2-bjn-fgd-web

Dok.Kom-PHT/Bjn @2014

BOJONEGORO, PERHUTANI (02/12) – Administratur Perhutani Parengan, Daniel Budi Cahyono selaku moderator dalam acara FGD Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) menyampaikan bahwa Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan Perhutani perlu berbenah diri / revitalisasi Pengelolaan Hutan Bersama Mayarakat. Selasa.

Sejalan dengan terjadinya reformasi di bidang kehutanan, Perum Perhutani menyempurnakan sistem pengelolaan sumberdaya hutan dengan lahirnya Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM)
.
Sistem PHBM ini dilaksanakan dengan jiwa BERSAMA, BERDAYA, dan BERBAGI yang meliputi pemanfaatan lahan/ruang, waktu, dan hasil dalam pengelolaan sumberdaya hutan dengan prinsip saling menguntungkan, memperkuat dan mendukung serta kesadaran akan tanggung jawab sosial.

Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat adalah sistem pengelolaan sumberdaya hutan dengan pola kolaborasi yang bersinergi antara Perum Perhutani dan masyarakat desa hutan atau para pihak yang berkepentingan dalam upaya mencapai keberlanjutan fungsi dan manfaat sumberdaya hutan yang optimal dan peningkatan IPM yang bersifat fleksibel, partisipatif dan akomodatif.

PHBM dimaksudkan untuk memberikan arah pengelolaan sumberdaya hutan dengan memadukan aspek ekonomi, ekologi dan sosial secara proporsional dan profesional.

PHBM bertujuan untuk meningkatkan peran dan tanggung jawab Perum Perhutani, masyarakat desa hutan dan pihak yang berkepentingan terhadap keberlanjutan fungsi dan manfaat sumberdaya hutan, melalui pengelolaan sumberdaya hutan dengan model kemitraan.

Dengan berjalannya waktu Kristomo selaku Kepala Biro Pembinaan Sumber Daya Hutan saat menghadiri acara FGD mengatakan tidak ada kata terlambat, kita harus merubah mindset/pola pikir yang sempit.

“Mari kita ciptakan suasana saling percaya, transparan, dan kerjasama saling menguntungkan sehingga tercipta hubungan yang harmonis sehingga hutan lestari rakyat mukti bukan hanya mimpi benar-benar dapat terwujud” tambahnya. (Kom-PHT/Bjn/Markum)

Editor  :  Dadang K Rizal

@copyright 2014

Share:
[addtoany]