"Loading..."

Sejumlah Kawasan Kembangkan Wisata Desa

logo-phtsmallSUARAMERDEKA.COM (20/2/2017) | Sejumlah kawasan di Banyumas terus intensif mewujudkan wisata desa dengan menggandeng kerja sama berbagai pihak.

Penggalian potensi alam untuk penambahan peluang kesejahteraan masyarakat sekaligus penghasilan asli desa itu terus dilaksanakan. Pengembangan wisata alam itu antara lain di Desa Dermaji, Kecamatan Lumbir. Memanfaatkan air terjun dan alam di lokasi Perum Perhutani, wisata Curug Wanasuta mulai dibuka baru-baru ini.

Pengelolaan wisata ini dilaksanakan Perum Perhutani bersama LMDH Wana Aji. Ketua LMDH Wana Aji Desa Dermaji, Haryoto mengatakan usai terjalin komunikasi dengan Kepala KRPH Karangpucung BKPH Lumbir KPH Banyumas Barat, Totok Sugiarto, pihaknya langsung mengadakan musyawarah bersama Kelompok Kerja (Pokja) LMDH.

Musyawarah membahas berbagai persiapan dan pembenahan yang perlu dilakukan agar di sekitar area curug lebih nyaman lagi bagi pengunjung. “Kami berharap Curug Wanasuta betul-betul bisa menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi turis-turis dari dalam negeri, bahkan luar negeri di masa mendatang,” jelasnya.

Wisata Alam

Sebagai realisasi dari kesepakatan, dalam satu bulan ini sudah dilakukan berbagai pembenahan di sekitar area curug, seperti pembuatan jalan menuju curug, pembuatan gubug di atas pohon, pembuatan area parkir, dan lainlain.

“Kami terus membenahi lokasi jalan hingga tempat parkir. Kami berharap ini bisa terus berlanjut,” jelasnya. Kepala Desa Pancasan Kecamatan Ajibarang, Ali Syaifurrohman menyatakan saat ini telah dirintis pendirian Badan Usaha Milik Desa Pancasan.

Selain memanfaatkan adanya lokasi kolam renang Tirta Alami, pihaknya juga tengah menggagas pengembagan wisata alam lain dengan memanfaatkan area Sungai Datar dan areal persawahan lainnya. “Nantinya selain adanya kolam renang, kami juga sedang menggagas adanya paket wisata ‘’flying fox, arung jeram, outbond hingga pemancingan hingga wisata kuliner. Untuk itulah kami terus berkoordinasi dengan pengelola BUMDes dan masyarakat,” katanya.

Ali mengatakan untuk memperlancar pengembangan BUMDes, pihak luar juga bisa memberikan kontribusi dan kerja sama berupa penanaman saham dan kerja sama lainnya. Terkait hal itulah saat ini pihaknya terus merancang secara matang pengembangan BUMDes ini. “Kami berharap cita-cita untuk mendorong adanya BUMDes yang maju dan memberikan kesejahteraan masyarakat ini bisa terealisasi,” katanya.

Selain Desa Dermaji dan Pancasan, sejumlah desa di Banyumas juga terus mengembangkan wisata desa termasuk di antaranya Desa Petahunan Kecamatan Pekuncen dengan potensi wisata air terjun tujuh tangga Curug Nangga dan Desa Sunyalangu Kecamatan Karanglewas dengan agrowisata kopi dan alam lainnya. (K37-33)

Sumber: suaramerdeka.com

Tanggal: 20 Februari 2017