"Loading..."

Seribu Pohon Jambu Ditanam di Wonoasri

SUARAMERDEKA.COM (30/6/2017) | Sekitar seribu bibit pohon jambu kristal dan jambu merah ditanam di hutan wisata Wonoasri, Seper, Kelurahan Balepanjang, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri.

Aksi penanaman bibit buah-buahan itu diprakarsai oleh Perhutani Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Selatan, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wonoasri, Polsek Jatipurno, Koperasi Pelestari Budaya Nusantara, dan Paguyuban Alumni SMPN Jatiroto Wonogiri (Pasjari).

Ketua Pasjari, Sutrisno mengatakan, melalui penanaman pohon jambu tersebut pihaknya ingin menciptakan ikon baru di Jatipurno, Wonogiri. “Kalau sudah jadi ikon, itu akan menarik wisatawan. Wisatawan bisa mudah mencari jambu kristal atau jambu merah di kawasan wisata,” katanya, saat aksi penanaman, Jumat (30/6).

Buah jambu tersebut diperkirakan sudah bisa berproduksi sekitar 2-2,5 tahun lagi. Ke depan, pihaknya ingin mengembangkan lebih banyak buah-buahan di hutan wisata tersebut. Antara lain mengembangkan jambu jamaika, nanas, dan sebagainya.

“Selain menarik wisatawan, itu sangat bagus untuk kesejahteraan dan kesehatan masyarakat,” imbuhnya.

Kepala Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Plalar, Tugiyo mengungkapkan, hutan wisata tersebut berada pada petak 40 wilayah Perhutani BKPH Lawu Selatan. Pengelolaannya bekerja sama antara Perhutani dengan LMDH Wonoasri. Pengurus Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wonoasri, Maryadi menambahkan, harga tiket masuk (HTM) Wonoasri Seper Rp 10.000 per orang. Di dalam hutan wisata itu, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam, hutan pinus, taman bunga, buah dan sayur-sayuran dari rumah-rumah pohon. Adapun tiket masuk ke rumah pohon berkisar Rp 10.000 per orang.

Ketua I Paguyuban LMDH Jateng, Suparman mengatakan, selain penanaman pohon jambu, kegiatan itu juga diisi dengan penyerahan santunan kepada 13 orang dari keluarga miskin di sekitar hutan wisata Wonoasri.

“Kegiatan itu dalam rangka HUT pertama Wonoasri Sejahtera dan HUT ke-71 Bhayangkara. Kami akan terus melakukan penghijauan, mudah-mudahan Seper bisa lestari dan memberi kesejahteraan bagi masyarakat,” harapnya.

Sumber : suaramerdeka.com

Tanggal : 30 Juni 2017