"Loading..."

Siswa Pendidikan Menengah Kehutanan Madiun Adakan Kajian Praktek

2014-12-19-Rdb-SISWA  PMK-web

Dok.Kom-PHT/Rdb @2014

RANDUBLATUNG, PERHUTANI (20/12) | 14 orang siswa Pendidikan Menengah Kehutanan dari Pusat Pendidikan dan Pengembangan Sumber daya manusia (PUSDIKBANG SDM) Madiun, mengadakan kajian praktek kerja Lapangan yang dilakukan di Kantor Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan ( KPH ) Randublatung.

Praktek kerja lapangan bagi siswa Pendidikan Menengah Kehutanan merupakan salah satu mata kuliah lapangan yang harus ditempuh masing – masing siswa, kegiatan ini merupakan implementasi ilmu kehutanan yang didapat di Kampus Pusat Pendidikan dan Pengembangan Sumber daya manusia Perhutani yang berada di Madiun.

Dalam melakukan kajian tersebut masing – masing siswa melakukan pemaparan hasil kerja selama melakukan magang pada masing – masing Resort Pemangkuan Hutan ( RPH ) yang ada diwilayah kerja Perum Perhutani KPH Randublatung.

Kepala Biro Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan PUSDIKLATBANG SDM Madiun, Urip Indera Nurvana menyatakan bahwa tujuan diadakan pemaparan hasil kerja ini adalah untuk menilai kesiapan masing – masing siswa dalam menganalisa dan meng evaluasi sistim pekerjaan yang ada di Perum Perhutani.

“Hal ini perlu dilakukan karena kedepan siswa disiapkan sebagai pejabat Kepala Resort Pemangkuan Hutan ( KRPH ) yang merupakan jenjang jabatan ujung tombak pada struktur Perhutani ” jelasnya.

Ditambahkannya bahwa rumusan hasil kerja yang dilakukan pada masing masing KPH tersebut nantinya juga akan dibahas di kampus secara bersama ,sehingga hasil akhir dari semua pemaparan tersebut dianalisa bersama sehingga dicapai kesimpulan secara umum yang nantinya bisa dijadikan bahan acuan bagi masing – masing siswa dalam melakukan pekerjaan dilapangan.

Dalam pemaparan kajian praktek kerja tersebut materi pokok yang dibahas adalah Kelola Sosial, kelola lingkungan serta kelola Produksi dimana ketiga kelola tersebut merupakan pilar yang menunjang pengelolaan hutan secara lestari. ( Kom-PHT/Rrdb/andhan.S)
Editor : Dadang K Rizal
@copyright 2014

Share:
[addtoany]