"Loading..."

Siswa SMAN 90 Jakarta, Belajar di Bukit Hambalang-SEETF

2014-11-14-SEETF-KEMAH BHAKTI

Dok.Kom-PHT/SEETF @2014

Bogor, Perhutani (11/11) l Siswa siswi SMA 90 Jakarta Selatan mengikuti Kemah Bhakti dan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa di Bukit Hambalang kawasan Hutan Perhutani Sentul Eco Edu Tourism Forest (SEETF)-Bogor. Yang dilaksanakan tanggal 8-10 November 2014.

Kawasan Hutan Perhutani Bukit Hambalang merupakan Kawasan hutan yang dikelola Sentul Eco Edu Tourism Forest (SEETF)-Bogor  bekerjasama dengan PT. KIFC (Korea Indonesia Forstry Cooperative) untuk pembangunan hutannya sejak tahun 2011.

PT.  KIFC merupakan anak perusahaan dari NFCF (National Forestry Cooperatives Federation).

Sebanyak 300 siswa dan 70 guru mengikuti acara Kemah Bhakti dan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ini dengan kegiatan selama 3 hari.
Pada Hari pertama seluruh siswa mengikuti pelatihan kepramukaan seperti baris berbaris, tali temali, P3K dan materi kepramukaan.

Pada hari kedua menikuti kegiatan outbond yang disiapkan Tim SEETF dengan mengikuti berbagai game harus diselesaikan secara berkelompok seperti : Flying Carpet, Hellium Stick, Escape from Alcatraz, Magic Carpet, V Bridge dan Menara Air.

Pada malam hari seluruh siswa didampingi beberapa guru mengikuti Safari hutan. Mereka bisa merasakan sensasi berjalan di hutan pada malam hari. Acara pada kedua ditutup dengan kreasi seni siswa dan api unggun.

Hari ketiga, seluruh siswa mengikuti praktikum Laboratorium Alam diantaranya Membajak sawah, menanam padi, pembuatan bio briket, bio indicator sungai, pembuatan kompos cacing dan belajar membuat gula aren. Seluruh kegiatan diikuti dengan antusias oleh seluruh siswa.

Pada umumnya mereka baru mengalami proses kegiatan belajar dan praktikum di alam terbuka. Dan mereka sangat berkesan dengan lingkungan dan program yang diberikan Sentul Eco Edu Tourism Forest. (Kom-PHT/SEETF/Komarudin)

Editor  :  Dadang K Rizal

@copyright 2014

Share:
[addtoany]