"Loading..."

Situ Batu Panjang Menyamai Gunung Padang?

PIKIRAN RAKYAT (09/07/2018) | Situs Batu Panjang ditemukan di Perkebunan Pinus, Blok Jahim, KPH Majalengka, perbatasasn anatara Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Ciamis, tepatnya di Patok 7, Ciapu, Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Ciamis.

Situs Batu Panjang ini belum banyak diketahui oleh warga apalagi mungkin dilakukan penelitian secara khusus oleh para ahli. Padahal kabarnya situs ini lebih tua dibandingkan dengan situs Gunung Padang, Cianjur.

Plang atau papan nama keberadaan situs tersebut pun menurut kuncen Situs Batu Panjang Hasidin (50), Warga Desa Cibeureum, Kecamtan Sukamantri, baru dipasang belakangan ini oleh Perhutani setelah ada beberapa warga yang penasaran dengan keberadaan situs tersebut.

Untuk menjangkau situs Batu Panjang cukup mudah, pengun jung bisa berhenti di rest area letaknya beberapa meter setelah tugu perbatasan Majalengka-Ciamis, beberapa meter dari jalan raya akan ditemukan batu berukuran panjang sekitar 3 meter dengan diameter 40 cm dan bentuk persegi lima di bagian ujungnya sedikit runcing tergeletak di tanah. Naik ke bagian atas ditemukan batu-batu terserak di sejumlah tempat.

Batu-batu di situs Batu Panjang ini bentuknya hampir mirip dengan batu-batu yang ada di situs Gunung Padang, Lampegan, Cianjur. Usia batuannya mungkin juga  sama atau mungkin lebih tua dari batuan yang ada di Gunung Padang.

Situs ini terserak, menurut Hasidin, berada di cakuoan sekitar 100 meter persegi. Namun, tampaknya kan lebih luas lagi kalau menelusuri hutan di sekitar situs tersebut. Karena pada bagian lain yang agak jauh ditemukan beberapa batu yang sama dengan yang ada di situs tersebut.

Warga setempat menduga tampaknya tempat ini merupakan tempat pemujaan manusia purba. Karena ada  tempat dengan batu tegak berlingkar serta di tengahnya ada batu meja seperti untuk meletakan sesuatu. Posisinya hampir sama dengan Gunung Padang tetapi karena belum dibuka, maka belum tampak bentuk sesungguhnya.

Sumber : Pikiran Rakyat, hal. 6

Tanggal : 9 Juli 2018