"Loading..."

SMK Bina Nusantara Tanam 1.200 Pohon

Sebanyak 1.200 bibit pohon kembali ditanam di Hutan Wonosari, Kelurahan Wonosari, Ngaliyan, beberapa waktu lalu. Kali ini penanaman pohon dilakukan oleh siswa-siswi dan dewan guru SMK Bina Nusantara. Kepala Sekolah SMK Bina Nusantara, M Sahli mengatakan, mayoritas bibit pohon yang ditanam merupakan bibit buah seperti rambutan, mangga, sukun, dan beberapa bibit pohon jati kebun. Bibit pohon tersebut sengaja di tanam di pinggir hutan yang ditetapkan Perhutani menjadi kawasan perlindungan setempat (KPS).

“Hasil dan pohon tersebut nantinya bisa dipetik warga,” ujamya. Menurutnya, hutan yang rimbun harus dipertahankan keberadaannya. Bila daerah yang berfungsi sebagai resapan air tersebut rusak atau hilang, dikhawatirkan tidak ada lagi keseimbangan ekosistem. ”Pemeliharaan setelah penanaman mempakan tanggung jawab bersama, bukan hanya dibebankan pada Perhutani saja,” lanjutnya.

Berdasarkan data, pihaknya bersama Kelurahan Wonosari dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Makmur belum lama ini telah menanam 4.000 bibit pohon di lingkungan warga. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung program menanam pohon satu milyar pohon yang dicanangkan Presiden SBY guna mengurangi kandungan karbon dioksida.

Lindungi Hutan
Lurah Wonosari Rohadi Supriyanto menuturkan, tujuan pembentukan KPS mempakan langkah dari Perhutani untuk melindungi area hutan terutama di aliran sungai. Untuk menyukseskan program KPS, pihaknya bersama LMDH terus mengintensifkan sosialisasi kepada warga sekitar hutan.

“Jika terpelihara dengan baik, diharapkan lima tahun yang akan datang masyarakat sekitar bisa menikmati hasilnya,” tutur dia. Untuk itu, lanjut dia, selain sosialisasi pihaknya berjanji terus memantau perkembangan pohon yang ditanam. Pohon yang mati segera diganti atau disulam dengan bibit bam.

Berdasar pantauan di lapangan, selain siswa dan dewan guru SMK Bina Nusantara, hadir perwakilan Perhutani KPH Kendal serta beberapa anggota DPRD Kota Semarang. Ribuan bibit tersebut ditanam di area KPS petak 38B, 40A, 40G, dan 40F RPH Mangkang, BKPH Mangkang, KPH Kendal. (H8661)

SUARA MERDEKA :: 14 FEBRUARI 2012, HAL 23

Share:
[addtoany]