"Loading..."

Sucofindo Gelar Siswa Mengenal Nusantara Di Kaltara

kaltara.antaranews.com – Tarakan (Antara News Kaltara) – PT. Sucofindo (Persero) sebagai salah satu BUMN yang bergerak dalam bidang jasa pemastian (inspeksi dan audit,pengujin, sertifikasi, pelatihan dan konsultasi) melaksanakan kegiatan program siswa mengenal Nusantara di Tarakan.

“Program tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI ke 70 di lingkungan Kementerian BUMN,” kata Noval Tajudin selaku Sekretaris Perusahaan PT SUCOFINDO (Persero) di Tarakan, kemarin malam (13/12).

Kegiatan bertujuan untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman  kekayaan nusantara melalui pemahaman nyata yang dilaksanakan dengan proses pertukaran informasi dan pengalaman, tambah Noval.

Pelaksanaan kegiatan ini diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN di 34 Provinsi, pada kesempatan ini SUCOFINDO berkolaborasi dengan PT POS Indonesia dan Perum Perhutani serta PT Pelni dan didukung penuh  oleh Pemerintah Kota Tarakan khususnya, dan Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota yang ada di Kalimantan Utara.

Dengan demikian para peserta maupun pemangku kepentingan akan memiliki pandangan yang baik terhadap Kementerian BUMN dan juga seluruh BUMN di Indonesia yg telah berperan dalam meningkatkan daya saing bangsa, melalui kerja nyata yg berdampak langsung pada rasa percaya diri sebagai bangsa yg memiliki keanekaragaman sesuai semboyan Bhineka Tunggal Ika.

Pada kesempatan ini PT SUCOFINDO (Persero) menerima 17 pelajar SLTA kelas 11 yang merupakan hasil seleksi seluruh SLTA  se Provinsi Maluku Utara yang diselenggarakan oleh PT Pelni, Perum Perindo dan PT Pelindo IV serta PT Petrokimia Gresik, dan para siswa tersebut hadir  beserta 3 orang pendamping yang terdiri dari guru teladan, dinas pendidikan dan dinas pariwisata Maluku Utara.

Selama berada di Kota Tarakan, siswa SLTA dari Maluku Utara ini akan mengikuti berbagai kegiatan yang terdiri dari  tiga aspek wawasan, yaitu terkait wawasan sosial budaya yang berisi materi pengenalan mengenai aspek budaya, pariwisata dan juga tatanan sosial kemasyarakatan melalui kunjungan ke beberapa sekolah SLTA yang berada di kota Tarakan yaitu SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3 dan SMA Hangtuah.

Aspek kedua, wawasan pendidikan dimana siswa akan dibekali tentang system pendidikan berkualitas yang diselenggarakan oleh beberapa SLTA tersebut di atas, hal ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran pada peserta tentang pentingnya system pendidikan untuk menghasilkan manusia berkualitas, sebagai awal dari pembangunan bangsa yang kuat dan bermartabat.

Aspek ketiga, Wawasan enterpreaneurship yang berisi tentang pengenalan dunia usaha mulai dari operasional sampai dengan output yang dihasilkan baik di dunia industri maupun di lingkungan BUMN. Pada kesempatan ini siswa dari Maluku Utara akan berkunjung ke beberapa perusahaan diantaranya PT SKA Tanjung Pasir, PT IDEC WOOD dan PT SUCOFINDO cabang Tarakan. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat berkreasi dan berinovasi serta kejelian dalam menangkap peluang, sehingga pada akhirnya  mampu bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Wali Kota Tarakan Sofyan Raga berhalangan hadir diwakili pejabat Diknas setempat menyambut baik serta mendukung adanya program tersebut  karena sangat berguna untuk menambah wawasan para pelajar dari dan ke Tarakan khusunya dan Provinsi Kalimantan Utara pada umumnya.

Disamping itu, PT  SUCOFINDO(Persero)  bekerjasama dengan Dinas Pendidikan se Kabupaten/Kota dan Provinsi Kalimantan Utara telah melaksanakan seleksi pelajar tingkat SLTA kelas 11 untuk mendapatkan pelajar terbaik yang akan diberangkatkan keKota Palembang Provinsi Sumatera Selatan pada tanggal 27 Desember 2015 yang akan datang untuk mengikuti program yang sama.

Program siswa mengenal nusantara ini diharapkan akan menjadi program regular yang berkelanjutan sebagai bentuk kontribusi BUMN dalam menunjang pembangunan pendidikan sesuai program yang dicanangkan  Kementerian yaitu  BUMN hadir untuk negeri. Editor:iskandar zulkarnaen

Sumber : kaltara.antaranews.com
Tanggal : 14 Desember 2015

Share:
[addtoany]