"Loading..."

Sumedang Gandeng PDAM Manfaatkan Air

2014-11-14-smd-kerjasama air-Brornkaptering Tirta Medal

Dok.Kom-PHT/Hms Smd @2014

SUMEDANG, PERHUTANI (14/11) l Perhutani Sumedang bekerjasama dengan PDAM Tirta Medal Kabupaten Sumedang dalam pemanfaatan sumber air dari dalam kawasan hutan dengan nilai konvensasi sebesar Rp. 88 juta/Tahun yang digunakan untuk pemeliharaan dan peningkatan kualitas lingkungan oleh Perum Perhutani sebagai pengelola kawasan hutan  di kantor Perhutani Sumedang.

Kerjasama sudah dilakukan sejak tahun 2009 melalui kerjasama pemanfaatan Jasa Lingkungan telah memberikan manfaat ekologi lingkungan kepada masyarakat Sumedang dimana hampir 40% penduduk Kabupaten Sumedang telah menggunakan air yang disalurkan oleh PDAM Tirta Medal.

Administratur Perhutani Sumedang, Agus Mashudi menyatakan bahwa jasa lingkungan hutan jika tidak dimanfaatkan dengan baik akan menyebabkan meningkatnya laju degradasi ekosistem hutan, padahal makin tinggi laju degradasi ekosistem hutan maka nilai jasa lingkungan pun makin menurun. Dalam hal ini jasa lingkungan dapat dianggap sebagai output dari kualitas kinerja ekosistem hutan. Salah satu jasa lingkungan dari dalam kawasan hutan adalah air.

“Dengan adanya potens-potensii jasa lingkungan yang berada dalam kawasan hutan, Perhutani Sumedang telah mengapreasikan potensi tersebut salah satunya dengan cara kerjasama pemanfaatan sumber air dari dalam kawasan hutan dengan PDAM Tirta Medal Kabupaten Sumedang”, tambahnya. (Kom-PHT/hms smd).

Editor : Dadang K Rizal
@copyright 2014

Share:
[addtoany]