"Loading..."

Tampil Menarik di Situs Watu Pewadonan

2014-11-20-WISATA BUDAYA INDRAMAYU

Dok.Kom-PHT/Idr @2014

INDRAMAYU, PERHUTANI (21/11) l Banyak cara yang di tempuh orang untuk tampil menarik mulai yang rasional, logis hingga yang metafisis bahkan kelenik yang di yakini punya kekuatan untuk memenuhi keinginan yang mempunyai hajat. salah satu contoh adalah Situs terdapat di hutan Perhutani Petak 2b Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cikawung, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Cikawung Perhutani Indramayu secara administratif lokasi tersebut berada di BKPH Cikawung Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu.

Watu Pewadonan merupakan petilasan (situs) budaya yang banyak dikunjungi terutama kaum wanita yang ingin lebih menarik terhadap lawan jenisnya, tempat itu banyak di datangi terutama pada hari jumat kliwon, mereka mengadakan ritual dengan di pandu oleh juru kunci yang kegiatannya berlangsung dari pagi sampai sore hari (Tidak menginap) setelah melakukan ritual mereka ada yang mencuci tangan, cuci muka, ada pula yang mandi.

Legenda Watu Pewadonan menurut cerita dari tokoh masyarakat setempat merupakan terjadinya kisah percintaan antara Sangkuriang dan Dayang Sumbi yang sementara Sangkuriang tidak tahu bahwa Dayang Sumbi itu adalah ibunya, akibat dari ketidaktahuan maka hampir terjadi hubungan badan antara ibu dan anaknya, legenda hubungan terlarang itu sampai sekarang masih melekat di masyarakat Jawa Barat.

Benar atau tidaknya legenda tersebut tetapi legenda itu sudah menyebar secara turun temurun di masyarakat begitu pula tentang Watu Pewadonan boleh percaya boleh tidak semua berpulang pada keyakinan masing-masing . (Kom-PHT/Idr/Sabar)

Editor  :  Dadang K Rizal

@copyright 2014

Share:
[addtoany]