"Loading..."

Tanam 1.000 Pohon dan Ngetrail Bareng Perhutani

Memperingati Bulan Bhakti Kehutanan setiap Maret, Perum Perhutani Kendal mengadakan tanam 1.000 pohon serta ngetrail bareng di area hutan KPH Kendal, Selasa (2/3). Event itu diikuti ratusan peserta pecinta motor trail dari Naga Trail Community (NTC), serta pegawai dan rekanan Perum Perhutani.
Hadir pula Kapolres AKBP Agus Suryo Nugroho, Adm KKPH Kendal Hendrat Suhamantono, Wakil Bupati M Mustamsikin, serta ketua NTC Kendal Bintang Yudha Daneswara.
Para peserta, selain diajak menerabas hutan dan menyusuri rute trail, juga melakukan penghijauan di hutan BKPH Boja. Sebanyak 1.000 bibit pohon dari berbagai jenis, disiapkan panitia untuk ditanam para peserta.
“Kegiatan ini bukan hanya ngetrail saja. Para peserta diberi bibit pohon untuk ditanam di sekitar area hutan. Ini untuk mengasah kepekaan generasi muda menjaga lingkungan khususnya ekosistem hutan,” kata Adm KKPH Kendal Hendrat Suharnantono sebelum start.
Bagi Perhutani, lanjutnya, kegiatan ini sangat mendukung program kerja pengelolaan hutan. Karena Perum Perhutani bisa menyampaikan pemahaman dan penjelasan tentang pengelolaan hutan kepada generasi muda di Kendal.
Generasi Muda
”Hampir seluruh anggota NTC generasi muda. Mereka akan kami libatkan mengcover pengamanan hutan dari aksi pencurian kayu melalui berbagai kegiatan,” jelasnya.
Jejaring yang dibina untuk menyelamatkan hutan, tidak hanya dilakukan dengan komunitas pecinta motor trail. Akan tetapi semua elemen seperti Pemkab, Polres, Kodim, perusahaan swasta, organisasi masyarakat serta masyarakat juga diajak menjaga keselamatan hutan.
Ketua NTC Kendal, Bintang Yudha Daneswara mengaku berterima kasih atas kerja sama ngetrail bareng Perhutani. Pihaknya sangat bangga karena dipercaya dalam penyelamatan hutan.
“Kami melibatkan ratusan anggota ikut penghijauan hutan. Kami menyadari, selama ini lokasi yang digunakan untuk ngetrail dan trabas di area sekitar hutan,” ujarnya.
Nama Media : SUARA MERDEKA
Tanggal : Kamis, 03 Maret 2011 hal G
Penulis : H71- 52

Share:
[addtoany]