"Loading..."

Tanam 2.000 Pohon Di Cemoro Kandang

Radar Solo – Sebanyak 2.000 pohon ditanam Solopeduli dalam program Solo Cinta Alam di kawasan Cemoro Kandang, Gunung Lawu Sabtu (19/12). Penanaman pohon dilakukan bersama jajaran Pem-kab Karanganyar, Dinas Balai Lingkungan Hidup dan Administrasi Perum Perhutani Kota Surakarta, serta ratusan relawan dari berbagi komunitas pegiat alam Solo, Semarang, Jogja, Kebumen, bahkan Temate.

Jenis bibit yang ditanam meliputi wuni, damar, duwet, dan salam. Penanaman dilaksanakan di jalur pendakian pos 1 hingga pos 2 Cemoro Kandang Gunung Lawu, yang merupakan bekas kebakaran lahan beberapa bulan lalu.

Solo Cinta Alam merupakan rangkaian program kepedulian Solopeduli kepada alam sekitar. “Kami berterima kasih kepada Solopeduli telah menggawangi serta membangun kembali hutan yang rusak di Karanganyar melalui aksi tanam pohon ini. Alhamdulillah dapat menggerakkan masyarakat,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Perhutani Karanganyar Supramnaryo,.

Ia menambahkan, pemkab akan terus meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memelihara dan menjaga hutan. Pada 15 Desember lalu telah dicanangkan gerakan menanam pohon untuk seluruh lapisan masyarakat Karanganyar. Sehingga pada tanggal 15 tiap bulannya, masyarakat diwajibkan menanam pohon bekerja sama dengan dinas perhutani, lembaga masyarakat, dan lain-lain.

Sementara itu, Ketua Yayasan Solopeduli Supomo mengatakan, kerusakan hutan bukan karena ulah alam, namun ulah manusia yang tak memiliki kepedulian untuk kelanjutan hidup lingkungan, (ser/ria)

Sumber : Radar Solo, hal. 2
Tanggal : 21 Desember 2015

Share:
[addtoany]