"Loading..."

Tanam Bibit Pohon di Hari Rimbawan

BANYUWANGI – Hari Bakti Rimbawan yang jatuh pada 18 Maret besok dimeriahkan dengan bermacam kegiatan oleh Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Banyuwangi Barat. Kegiatan Hari Bakti Rimbawan dipusatkan di BKPH Kalisetail, tepatnya di Tempat Pengumpulan Getah (TPG) Pinus Watutulis.
Permulaan bulan ini diawali dengan kegiatan Bina Corp Rimbawan. Acara ini merupakan momen yang penting sekaligus strategis untuk pembinaan karyawan dalam peningkatan pro-fesiaonalisme, disiplin, moral, kesejahteraan, dan jiwa korsa.
Menurut Wakil Administratur KPH Banyuwangi Barat, RusydiShut, melalui Bina Cor Rimbawan semua keluarga besar KPH Banyuwangi Barat, tennasuk Pramuka Saka Wana Bakti binaannya dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), selaku mitra kerja bisa memiliki kesiapan dan kesiagaan dalam menghadapi berbagai tugas.
Di waktu bersamaan, pada tanggal 8 Maret yang lalu, sebagai bentuk kepedulian KPH Banyuwangi Barat kepada sesama, dilaksanakan bakti sosial. Masih bertempat di TPG Watutulis, sebanyak 200 paket sembako dibagikan kepada masyarakat sekitar tepi hutan oleh anggota Persaman Istri Rimabawan (PIR) KPH Banyuwangi Barat.
Mengutip pernyatan Yuni Dian Adi Winarno, selaku kepala PIR KPH Banyuwangi Barat, kegiatan penyerahan paket sembako ini diharapkan bisa meringankan beban ekonomi masyarakat sekitar hutan. Yang tentunya mau tidak mau, mereka juga turut menjaga dan melestarikan sekaligus mencari nafkah di kawasan hutan naungan KPH Banyuwangi Barat. “Sekaligus bentuk pesan moral kepada khalayak luas, bahwa KPH Banyuwangi Barat peduli dengan masyarakat Banyuwangi melalui CSR-nya,” ujar Dian.
Kegiatan selanjutnya, dalam peringatan hari bakti rimbawan, di sepanjang alur hutan Kalisetail dilaksanakan juga penanaman pohon. Dengan meminjam isitilah program kabupaten Banyuwangi, Sedekah Oksigen, diikuti oleh seluruh anggota PIR KPH Banyuwangi Barat, seluruh karyawati KPH Banyuwangi Barat, termasuk Polisi hutan Wanita. Juga wanita dari anggota Pramuka Saka Wana Bhakti.
Hendra Lesmana, Shut, kepala Seksi PSDH KPH Banyuwangi Barat, menuturkan dalam tahun 2014 telah melaksanakan penanaman yang menjadi program Perhutani. Diantaranya penanaman 94,8 Hektar dikawasan KPH Banyuwangi Barat berupa Pinus, Damar, Mahoni, Durian dan Manting sebanyak 300 ribu plances.
Sementara, keterlibatan KPH Banyuwangi Barat kepada pihak ekternal tercatat telah menyerahkan 30 ribu bibit plances dari berbagai jenis trembesi, sirsak, durian, gemilina, waru gunung, manting, kelengkeng, mahoni dan lain-lain. Penyerahan bibit tersebut mulai dari Pemkab Banyuwangi, Dinas Kehutanan, Beberapa Muspika hingga Desa, sekolah-sekolah hingga perguruan tinggi, termasuk Organisasi Masyra-kat dan komunitas- komunitas yang ada di Banyuwangi. (Vals)
Sumber  : Radar Banyuwangi, Hal 32
Tanggal  :  17 Maret 2014

Share:
[addtoany]