"Loading..."

Tasik Tabur Serentak Benih Pinus

2014-12-2-Tsk-BRT KOMANDO PENABURAN BENIH

Dok.kom-PHT/Tsk @2014

TASIKMALAYA, PERHUTANI (2/12) l Perhutani Tasikmaya melaksanakan tabur benih pinus di petak 67 A Resort Polisi Hutan (RPH) Sodong Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Taraju dihadiri Sekretaris Divisi Regional Jawa Barat dan Banten, Ananda Antono. Selasa.

Pengadaan bibit yang baik dalam jumlah yang cukup, memenuhi syarat untuk siap tanam sangat menentukan keberhasilan tanaman, hal ini diawali dengan penaburan benih yang baik dan tepat waktu.

Kepala Biro Sekretaris Divre Jawa Barat dan Banten, Ananda Artono menyampaikan bahwa penaburan serentak adalah merupakan tujuan gerakan penertiban teknis dan administrasi, benih pinus yang saat ini ditabur berasal dari Pusbanghut Cepu.

“Kegiatan tersebut harus sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan diupayakan agar setiap mandor persemaian dapat melaksanakan tugas sesuai dengan yang diharapkan perusahaan, bisa menyerap dan menerapkan tehnik-tehnik pembuatan persemaian dengan benar, benih pinus yang ditabur diharapkan pertumbuhanya bisa merata” tambahnya.

Setelah adanya kegiatan penaburan benih secara serentak diharapkan bibit dipersemaian tumbuh dengan kualitas baik, ketinggian seragam dan kondisi bibit sehat, serta kegiatan penyapihan dilaksanakan tepat waktu.

Administratur KKPH Tasikmalaya, Henry Gunawan menyampaikan bahwa pelaksanaan penaburan benih pinus sebagai tolak ukur suatu pekerjaan jangan sampai dianggap sepele, sebab hal ini merupakan suatu kegiatan awal dari pembuatan persemaian, Diharapkan tegakan yang didapatkan dari benih pinus yang baik dapat menghasilkan getah yang baik pula. (Kom-PHT/Asep JB).

Editor  :  Dadang K Rizal

@copyright 2014

Share:
[addtoany]