"Loading..."

Terinspirasi Disneyland, Pemprov Gagas Jateng Park

SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) berencana membuat kawasan wisata Jateng Park sekelas Disneyland, Amerika Serikat. Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng, Sri Puryono menyatakan sampai sekarang Jateng belum memiliki wisata andalan seperti provinsi lain. “Di Jawa Timur [Jatim] ada Jatim Park, di Jawa Barat ada Taman Safari, maka Gubernur menginginkan di Jateng ada Jateng Park,” katanya di Semarang, Selasa (11/11).

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, berharap Jateng Park tidak hanya kawasan wisata yang menyamai Ancol, Jakarta atau Taman Safari tapi harus mampu sekelas Disneyland, Amerika Serikat. “Gubernur serius mendukung gagasan terwujudnya Jateng Park,” imbuhnya. Jateng Park nantinya dibangun di kawasan hutan wisata Penggaron, milik Perum Perhutani di Ungaran, Kabupaten Semarang. Menurut Sekda, untuk membangun Jateng Park tersebut diperkirakan membutuhkan dana Rp2 triliun.

Untuk itu Pemprov Jateng berupaya menawarkan kepada pihak swasta. “Kami menawarkan kepada pihak swasta berinvestasi membangun Jateng Park,” ucapnya. Sri Puryono menambahkan untuk mendapatkan masukan dari stakeholder, Pemprov bekerja sama dengan Kelompok Diskusi Wartawan (KDW) Jateng akan melakukan Focus Grup Discussion (FGD) tentang Jateng Park. Menurut Ketua KDW Jateng, Saptono J.S., FGD yang digelar pada Kamis (13/11) akan diikuti semua pihak terkait dari legislatif, eksekutif, tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan calon investor. “FGD akan dilaksanakan di Gedung Perhutani Jateng Jl. Pahlawan, Kota Semarang,” ungkap dia didampingi ketua panitia FGD, Isdiyanto. (Insetyonoto)

Sumber   : Solo Pos, tanggal 12-Nov-2014
Halaman : 3

Share:
[addtoany]