"Loading..."

Tinggalkan Banyuwangi Dengan Segudang Prestasi

Radar Banyuwangi – BANYUWANGI – Adminstratur (ADM) Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Banyuwangi Barat Adi Winarno, Shut, MM berpindah tugas menjadi ADM KPH Bondowos. Selanjutnya, posisi yang ditinggalkan Adi digantikan pejabat baru Prihoni Mahdi.

Kedua pejabat itu, Sabtu (19/4) kemarin menyelenggarakan acara pisah kenal di Hall Mendut Sport Center (MSC). Dalam acara itu juga diselenggarakan penandatanganan Surat Keputusan (SK) pengangkatan 14 pegawai pelaksana menjadi pegawai tetap serta lima pengangkatan dari pegawai eksternal. Selain itu juga diserahkan penghargaan kepada Tempat Penampungan Getah (TPG) yang berhasil mencapai target.

Dua tahun kepemimpinan Adi Winamo, KPH Banyuwangi Barat berturut-turut mencapai target getah pinus di atas 100 persen, terbesar di daerah tapal kuda. Pada tahun yang sama, KPH Banyuwangi Barat dinobatkan sebagai Juara satu tanaman rimba.

Tidak hanya penghasil getah, KPH Banyuwangi Barat juga penghasil Kopal atau getah damar yang merupakan bahan utama untuk kemenyan Arab ini juga penghasil kayu pinus dan Mahoni dengan rata-rata 10.000 meter kubik per tahun Sedangkan hasil kemitraan, dibukukan rata-rata tiap tahun membagikan sharing getah dan kayu kepada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) antara 300 hingga 700juta.

Adi Winarno mengatakan, serapan tenaga kerja kurang lebih 9000 orang yang terlibat dalam kegiatan sadapan getah, kopal, tebangan kayu hingga tanaman. “Wilayah yang membentang dari Kalibaru, Glenmore, Kalis etail Rogojampi hingga Licin ini mengakibatkan peredaran uang di masyarakat sekitar hutan kurang lebih 25 milia per tahun,” katanya Tidak Hanya capaian kinerja, lanjut Adi, tidak hanya getah saja, wilayah KPH Banyuwangi juga menyimpan potensi wisata yang cukup eksotis.

Tujuan wisata itu terdiri dari tempat religi, airterjun, situs peninggalan dan sebagainya Hal itu sudah dibuktikan dengan diselenggarakannya eksepedisi bersama Jawa Pos Radar Banyuwangi, yang hasilnya nanti akan diluncurkan berupa buku pada Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei mendatang. (*)

Sumber : Radar Banyuwangi, hal. 53
Tanggal : 21 April 2015

Share:
[addtoany]