"Loading..."

Tingkatkan Sinergitas untuk Sukseskan PHBM

Sinergi copy

Dok-Kom/Pht/Bjn @2014

BOJONEGORO, PERHUTANI (11/11) – Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur tingkatkan sinergitas dengan pemerintah daerah, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), dan stakeholder untuk mensukseskan Program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM), hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Perlindungan Sumberdaya Hutan dan Kelola Sosial Divre Jawa Timur, Susilo Budi Wacono saat rapat di Aula kantor Bakorwil Bojonegoro.

Hasil rapat koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan pemberdayaan masyarakat desa hutan bersama LMDH sewilayah kerja Bakorwil Bojonegoro, dititik beratkan pada sinergitas antara Perhutani, Pemerintah Daerah, dan Provinsi yang terdiri dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Dinas Koperasi, Dinas Pertanian, LMDH, Kelompok Tani Hutan (KTH) maupun Stakeholder.

Sinergi dengan semua pihak sangat diperlukan sekali, hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya masalah atau konflik dikemudian hari, dan setiap wilayah harus di data secara detail apa yang menjadi keunggulan di daerah mereka masing-masing, sehingga ada nilai ekonomi yang dapat menunjang kesejahteraan masyarakat yang tinggal disekitar hutan.

“Dukungan dari Pemerintah Kabupaten, Provinsi, serta Perum Perhutani harus diwujudkan dalam bentuk bantuan pembinaan, pemberian pelatihan kerja, dan modal usaha sehingga taraf hidup masyarakat dapat meningkat, akan tetapi semua harus ada bentuk nyata sesuai dengan tujuan utama yaitu menjadikan hutan kita tetap terjaga dan lestari. Karena fungsi hutan salah satunya adalah sebagai penyangga kehidupan dan ekosistem,” Papar Susilo lebih lanjut. (Kom-Pht/Bjn/Rafik)

Editor : Ruddy Purnama
@copyright 2014

Share:
[addtoany]