"Loading..."

Touring Bareng Eksplorasi Wisata Kabupaten

Radar Malang – Banyaknya destinasi wisata di Malang Raya, mendapat perhatian tersendiri dari Perhutani KPH Malang. Melalui komunitas yang bernama M 4X4 Forrest Community, upaya memajukan sektor pariwisata itulah yang mereka lakukan. Berbekal kendaraan berkondisi prima, anggota komunitas yang masih tercatat sebagai pegawai Perhutani KPH Malang itu mencoba mengeksplorasi beberapa tempat, khususnya tempat wisata. “Bali bisa terkenal wisatanya karena segala transportasi tersedia. Dari sanalah kami bisa lihat pentingnya transportasi,” terang Adm Perhutani KPH Malang Arif Herlambang.

Sebagai perbandingan, dia melihat bahwa tersohornya kawasan Bromo juga ditunjang dari sisi transportasi. Banyak kendaraan jenis Jeep yang disediakan untuk pengunjung. Itu pula yang melahirkan keinginan membuat hal serupa di kawasan pesisir Kabupaten Malang. Tahap awal, anggota Perhutani KPH Malang bahkan mengeksplorasi sendiri tempat-tempat wisata di wilayah dengan 33 kecamatan itu.

“Tak ada target khusus. Minimal sekali sebulan kami touring bareng,” tambah anggota komunitas yang juga menjadi Kepala PSDH (Pengelolaan Sumber Daya Hutan) KPH Malang Heru Restyo Wiharto. Lewat touring itulah, mereka bisa melihat potensi di setiap lokasi wisata. Sebagai contoh, di Kecamatan Donomulyo saja, ada tiga lokasi yang menurut Arif bisa diandalkan. Yakni Pantai Nglurug, Kondang Buntung, dan Kondang Iwak. Ketiga pantai itu memiliki keunggulan masing-masing. Selain jalur atau rute sudah tersedia, kondisi pantai yang cukup asri menjadi poin yang dicari petualang-petualang alam.

(by/c1/nen)

Sumber : Radar Malang, hal. 34
Tanggal : 8 November 2015

Share:
[addtoany]