"Loading..."

Turis Sebelas Negara Terkesan Beriwisata di Blora

JAWAPOS.COM (23/10/2017) | Turis mancanegara dari 11 negara mengunjungi Blora dalam rangkaian kegiatan Familiarization Tour Mahasiswa Asing Jumat (20/10). Kegiatan itu didukung oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah bersinergi dengan Travel Agency Malaysia dan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Diporabudpar) Kabupaten Blora.

Mereka berasal dari Amerika, Uganda, Malaysia, Tanzania, Vietnam, Libya, Rwanda, Timor Leste, Nigeria, Prancis, dan Etiopia. Setibanya di Kota Sate, rombongan diajak mengenali sejarah perminyakan, seni budaya, hingga budaya samin dengan tujuan untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di Blora.

Turis yang masih berstatus sebagai mahasiswa asing program International Study Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini tiba di Blora pada hari Kamis (19/10).

Malam harinya mereka diajak menikmati sajian kuliner dan kesenian tradisional Blora barongan dalam acara Gala Dinner di Taman 0 km Pertamina Cepu.

Kedatangan mahasiswa asing itu disambut oleh Aisisten II Setda Blora Slamet Pamuji, SH, M.Hum mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho.

Keesokan harinya, para mahasiswa asing itu diajak mengunjungi loko tour di kawasan Perhutani KPH Cepu untuk dikenalkan barang bersejarah berupa loko uap buatan Jerman, peninggalan Belanda kepada masyarakat Blora dan sekitarnya.

Selanjutnya, biro wisata yang memfasislitasi para mahasiswa asing itu diajak mengunjungi objek wisata edukasi sumur pengeboran minyak peninggalan Belanda di Desa Ledok Kecamatan Sambong.

Kedatangan mahasiswa asing itu disambut oleh Camat Sambong, Kepala Desa Ledok, Direktur BPE perwakilan LMDH Ledok, serta Forkopimcam Sambong.

‘’Tentu saja kami sangat senang atas kedatangan para mahasiswa dari luar negeri di kawasan wisata sumur minyak peninggalan Belanda.

Harapannya, karena ada potensi wisata edukasi semakin menarik untuk dikunjungi.

Apalagi didukung dengan potesni wisata Kedungpupur,” kata Retno Kusumowati, Camat Sambong.

‘’Kami mengapresiasi kedatangan para mahasiswa ke Blora.

Selamat datang, ini baru sebagian yang bisa ditampilkan Kabupaten Blora.

Tentu saja bisa lebih dikenalkan dan dipromosikan melalui agen wisata,” ujar Wabup Arief Rohman.

Sumber : jawapos.com

Tanggal : 23 Oktober 2017