"Loading..."

Waduk Jatigede di Genangi Tahun Depan

PENGGENANGAN Waduk Jatigede, di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, ditargetkan bisa dilakukan pada 1 Juli 2015. Pemerintah sudah menyiapkan dana kompensasi untuk warga sebesar Rp692 miliar.
“Ada 11.469 warga yang terkena dampak penggenangan. Masalah sosial yang selama ini menghambat beroperasinya waduk akan diselesaikan,” kata Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, kemarin.
Sebanyak 4.514 kepala keluarga akan diberi dana pembebasan lahan sesuai Peraturan Mendagri No 15/1975. Mereka mendapat Rp108,19 juta per kepala keluarga.
“Angka itu cukup besar untuk warga bisa mendapatkan rumah baru dan bersedia pindah. Kami akan membentuk tim untuk mengawal masyarakat hingga mendapatkan hunian pengganti,” lanjut Gubernur.
Sedangkan 6.965 kepala keluarga lain mendapat Rp29,3 juta per KK. “Dulu, lahan mereka sudah dibebaskan dan mendapat lahan pengganti, tapi balik lagi. Ini uang bantuan sosial,” tambah Heryawan.
Selain soal kompensasi, ia mengungkapkan masih ada hutan seluas 1.300 ha milik Perhutani dengan 860 ribu pohon serta situs-situs yang harus diselesaikan. (Mus/N-3)
Sumber  : Media Indonesia
Tanggal  : 21 Nopember 2014

Share:
[addtoany]