"Loading..."

Wagub Jabar Canangkan Bulan Menanam

2014-11-26-Cms-Hari Pohon-web

Dok.Kom-PHT/Cms @2014

CIAMIS, PERHUTANI (26/11) l Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mencanangkan Hari Puncak Aksi Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional di Desa Tanjungkerta Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya. Selasa (25/11).

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mengatakan kegiatan penanaman ini rutin kita laksanakan setiap tahun, sebagai sarana edukasi peningkatan kepedulian kemampuan berkemandirian masyarakat akan pentingnya menanam dan memelihara pohon secara berkelanjutan sekaligus mengajak seluruh komponen masyarakat untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan.

Sebagai upaya mitigasi perubahan iklim serta merehabilitasi hutan dan lahan, karna banyak sekali di beberapa tempat pelibatan masyarakat itu dikesampingkan banyak bantuan-bantuan dari CSR pemerintah yang menanam hanya pejabat pemerintahan, kelompok masyarakat setempat tidak dilibatkan, sehingga tidak ada sebuah aksi yang berkelanjutan.

“Isu pemanasan global masih menjadi pembahasan dari sejumlah negara di Dunia, suhu udara yang semakin panas, meningkatnya muka air laut, perubahan iklim yang exstrim, terganggunya produksi pangan, meningkatnya potensi bencana alam hingga potensi gangguan kesehatan merupakan subtema dari pemanasan gelobal tersebut Sebagai dampak degradasi hutan” tambahnya.

Propinsi Jawa Barat pada tahun 2011 telah menanam sebanyak 125 Juta lebih pohon , pada tahun 2012 telah menanam 2.409 Juta lebih pohon pada tahun 2013 telah menanam 114 juta lebih Pohon sedangkan untuk tahun 2014 sampai dengan bulan November ini sudah mencapai 32,8 juta Lebih Pohon.

“Kita harapkan dapat mencapai target baik yang di data oleh pemerintah Non pemerintah maupun dana CSR dengan jumlah pohon yang ditanam lahan kritis di jawa barat dapat dikurangi. Hal yang tidak kalah penting dari penanaman pohon yang sudah kita lakukan yaitu pemeliharaan secara berkesinambungan tidak hanya sekedar menanam tetapi juga kita pelihara agar pohon dapat tumbuh dengan baik. Pungkas deddy Mizwar. (Kom-PHT/Cms/Bun)

Editor : Dadang K Rizal
@copyright 2014

Share:
[addtoany]