"Loading..."

Wanawisata Lobang, Tawarkan Beragam Pesona Alam

RADARPEKALONGAN.COM (1/7/2017) | Libur lebaran tahun ini, Kabupaten Batang banyak menawarkan pesona tempat wisata yang cocok untuk dinikmati bersama dengan keluarga maupun kekasih tercinta. Salah satunya, wanawisata Lobang yang bisa dijadikan alternatif pilihan untuk menghabiskan libur lebaran di akhir pekan ini.
Wanawisata Lobang terletak di Desa Lobang, Kecamatan Limpung. Lahan milik Perhutani ini, telah disulap oleh pihak pengelola setempat menjadi tempat wisata alam yang eksotis dan beragam. Ditambah, suguhan suasana alami yang ditonjolkan sedemikian rupa.
Area wisata yang memiliki luas lahan 7 hektar ini, menyajikan beberapa pilihan lokasi menarik yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Seperti keberadaaan tiga curug (air terjun), yakni Curug Pager, Curug Pawon dan Curug Kumejing.
Khusus Curug Pawon, warga setempat biasa menyebutnya dengan Curug Kembar. Karena ada dua air terjun yang posisinya bersebelahan. Jika pengunjung suka dengan wisata air, maka bisa langsung menikmati deburan air, atau sekedar berendam di bawah air terjun yang masih segar dan alami.
Selain menawarkan tiga curug yang masih alami, di wanawisata Lobang, pengunjung juga bisa mendatangi Jembatan Cinta, yang berada di ketinggian 10 meter di atas jurang. Saaat berada di atasnya, pengunjung disuguhkan dengan pemandangan spektakuler.
Sekilas agak menakutkan, tapi pengelola menjamin jembatan cinta itu aman. Karena sudah dirancang kokoh dengan tiang pancang dari bambu dan lantai jembatan dari kayu. Selain itu untuk lebih amannya, pengelola juga membatasi jumlah pengunjung yang naik jembatan, maksimal 8 orang dengan durasi 10 menit.
Tak hanya sampai disitu, di sebelah timur wanawisata, terdapat gardu pandang untuk melihat matahari terbit dan terbenam. Pengelola juga membuat tiga dangau beratap rumbia untuk tempat istirahat untuk tempat istirahat para pengunjung. Tidak ketinggalan, pengelola juga menyediakan sebuah aula berukuran 20×6 meter untuk kegiatan rapat, pertemuan ataupun acara lain yang membutuhkan tempat luas bernuansa alam.
Sedang masalah perut, di sekitar lokasi juga terdapat kantin kecil yang disediakan pengelola untuk pengunjung apabila membutuhkan minuman dan makanan ringan. Serta juga ada pondok ikan bakar milik pengusaha lokal setempat yang bisa pengunjung cicipi.
Haryono, selaku Sekretaris Desa (Sekdes) Lobang yang juga merupakan Ketua Pengelola Wanawisata Lobang kedepan menjadi lebih baik lagi.
“Saat ini baru selesai 80% tapi sudah kami kuka untuk pengunjung. Namun, fasilitas pendukung sudah komplit semua. Semoga pada libur lebaran akhir pekan tahun ini pengunjung meningkat pesat,” harap Haryono.
Untuk menikmati beragam suguhan yang ditawarkan di Wanawisata Lobang tersebut, pengunjung cukup merogoh kocek Rp3 ribu untuk tiket masuk serta parkir Rp2 ribu untuk sepeda motor dan Rp5 ribu untuk mobil. “Pengelola optimis obyek wisata ini akan menjadi destinasi wisata yang menarik dan menjadi tujuan utama masyarakat Batang dan sekitarnya. Bahkan berharap ada pengunjung luar kota, di musim mudik sperti sekarang ini,” tandas Haryono.

Sumber : radarpekalongan.com

Tanggal : 1 Juli 2017