"Loading..."

Wisata Hutan Mahoni di Probolinggo

REPUBLIKA.CO.ID (18/4/2017) | Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur memiliki destinasi wisata baru. Ia adalah kawasan wisata hutan mahoni atau dikenal dengan Mahoni Grand Park Sumber, berlokasi sekitar 33 kilometer dari Terminal Bayuangga Probolinggo.

“Wisatawan dapat menikmati suasana hutan rimba yang sejuk, disediakan camping ground, bermain di alam bebas dan berswafoto dengan latar belakang pepohonan dan bukit yang cukup eksotis,” kata Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mitra Wana Purwadi di Probolinggo, Selasa (18/4).

Di lokasi wisata yang dikelola Perhutani dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sumber tersebut juga akan disediakan permainan flying fox, bumi perkemahan, kolam pancing dan kolam renang, adventure trail, dan arena outbond. Pengelola juga akan menyediakan paramotor bagi wisatawan.

“Wana wisata Mahoni Grand Park Sumber ini belum sepenuhnya selesai dibangun, namun karena pengunjung mulai berdatangan, maka wisata itu akhirnya dibuka lebih awal pada 14 April 2017, sehingga saat hari libur dipadati wisatawan hingga mencapai 1.000 pengunjung,” tuturnya.

Untuk sampai ke lokasi wisata hutan mahoni di Sumber itu, dari Terminal Bayuangga Probolinggo tinggal mengikuti petunjuk jalan ke arah Lumajang atau Jember, kemudian sampai di pasar atau perempatan Wonoasih, maka belok kanan menuju arah Bantaran/Sumber dan setelah 12 kilometer berjalan, akan menemui banyak tikungan dan jalan juga mulai menanjak.

Sebelum sampai di lokasi, wisatawan juga akan melewati hutan pinus yang juga bagus sebagai spot swafoto, sehingga tidak heran apabila akan ada banyak remaja yang berhenti dan berswafoto ria di sana.

Tidak jauh setelah itu, ada bukit swafoto 1 dan bukit swafoto 2 yang tidak kalah indahnya dan semuanya berada di tepi jalan menuju Kecamatan Sumber, sehingga sangat sayang jika dilewatkan dan setelah itu, wisatawan akan sampai di wana wisata Mahoni Grand Park Sumber.

Dari kawasan wisata itu, kepadatan kota dan permukiman penduduk akan terlihat dari sisi utara, termasuk Selat Madura yang terhampar luas dan jika berkunjung saat petang, maka juga bisa melihat kerlap-kerlip lampu di Selat Madura.

Kemudian dari arah timur juga akan terlihat bukit dan hutan yang hijau, sehingga panorama tersebut dapat menjadi latar belakang untuk swafoto para wisatawan. Untuk paramotor, pengunjung bisa “start” di lokasi Mahoni Grand Park Sumber dan finishnya di Kecamatan Kuripan dengan lahan seluas 1 hektare yang lokasinya tidak jauh dari Kecamatan Sumber.

“Untuk menikmati sarana wana wisata mahoni, wisatawan cukup membayar uang parkir Rp 3.000 dan tiket masuk Rp 10.000/orang dengan sejumlah fasilitas tersedia mulai dari rumah pohon, gazebo dengan beragam bentuk, ayunan, sejumlah spot swafoto dengan panorama alam yang indah,” ujarnya.

Sumber: republika.co.id

Tanggal: 18 April 2017