"Loading..."

Wow Ada Fasilitas Baru di Wana Wisata Pokland Cianjur

POJOKSATU.ID (12/2/2018) | Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) bekerjasama dengan pihak asuransi, pemerintah desa setempat dan Perhutani, berhasil menyulap 12,5 hektar area hutan di Kampung Salakopi RT 1/12, Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi jadi wana (hutan) wisata Pokland.

Sekertaris LMDH, Ayi Juanda akrab dipanggil Ajun mengatakan, gagasan awal muncul berawal dari kepedulian warga terhadap lingkungan alam sekitar.

“Dulunya hutan rimba, masih banyak ular, babi hutan dan binatang lainya. Ya, sebab memang dulu tidak terawat dan penuh semak belukar. Kini, setelah dibenahi atau dibersihkan secara gotongroyong bersama warga ternyata bermanfaat juga untuk perputaran ekonomi dan SDM,” kata dia, Sabtu (10/2/2018).

Jajaran pengurus Wana Lestari Pokland menyebutkan, hutan dibersihkan secara gotongroyong dan menghabiskan waktu sekitar tiga bulan.

“Kini SDM warga sekitar sudah mencapai 199 orang, secara keseluruhan luas hutan mencapai 58 hektar. Namun, baru terpakai sekitar 12,5 hektar dulu,” ujarnya.

Masih menurut Ajun, rencananya kalau sudah berkembang, maju dan banyak pengunjung datang ke Wana Wisata Pokland ini kemungkinan besar akan diperbesar.

“Kalau lahannya milik Perhutani, tapi mitra dengan LMDH. Selain itu sebagai Kawasan Perlindungan Setempat (KPS) sekitar tujuh hektar. Nah, nanti akan dijadikan tempat wisata buah-buahan. Jadi yang tujuh hektar itu khusus tanaman menghasilkan buah. Berbagai macam buah,” tambahnya.

Untuk wisata buah-buahan itu, secara simbolis sudah diberi buah jambu jamaika, di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1, Sabtu (10/2), langsung diserahkan oleh Ketua DPRD Kabupaten Cianjur, Yadi Mulyadi.

Sumber : pojoksatu.id

Tanggal : 12 Februari 2018