"Loading..."

Yuk Liburan di Jawa Barat Desember 2017 Ini

PIKIRAN-RAKYAT.COM (18/12/2017) | Musim liburan telah tiba! Waktunya untuk melupakan semua rutinitas yang dilakukan sepanjang tahun ini untuk menyambut tahun berikutnya dengan lebih semangat. Perayaan global di bulan Desember merupakan sebuah aktivitas yang tak boleh dilewatkan.

Sudah ada ide untuk berlibur ke mana? Kondisi cuaca yang tak menentu ditambah dengan bencana alam yang terjadi dalam beberapa hari terakhir, seharusnya tak membuat kita lupa untuk mengisi hari-hari libur.

Jika belum ada ide, kita tak harus pergi jauh-jauh untuk mengisi waktu liburan. Jawa Barat memiliki ribuan tempat wisata yang dapat dinikmati. Pemandangan alam yang sempurna membuat Jawa Barat dapat dinikmati mulai dari pegunungan, hutan, sungai, hingga pantai sangat eksotis.

Berikut adalah sejumlah tempat wisata pilihan di Jawa Barat dan dapat menjadi destinasi wisata alternatif bagi Anda dan keluarga.

1. Menikmati senja di Puncak Bintang

Jika Anda memiliki anggaran sangat terbatas, maka wisata di wilayah Bandung utara dapat menjadi pilihan. Puncak Bintang adalah sebuah tempat wana wisata yang hanya memakan waktu sekitar 30 menit dari Kota Bandung.

Lokasinya masih satu jalur dengan Saung Angklung Udjo-Caringin Tilu-Bukit Moko. Jaraknya sekitar 200 meter dari Bukit Moko ke arah atas. Sementara akses dari Terminal Cicaheum ke Puncak Bintang sekitar 8,5 kilometer.

Lokasi wisata baru ini terletak di Kampung Buntis Bongkor, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Wilayahnya merupakan kawasan Perum Perhutani, tepatnya di bawah RPH Arcamanik, BKPH Manglayang Barat, KPH Bandung Utara.

2. Pesona alam Bandung selatan

Bandung dikelilingi oleh pegunungan. Barisan pegunungan di wilayah selatan Bandung akan sangat cocok untuk dinikmati untuk menyegarkan dan menenangkan diri.

Jalan yang seluruhnya sudah beraspal memudahkan wisatawan mengakses lokasi, baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Ada setidaknya lima lokasi yang bisa dikunjungi saat berkunjung ke selatan Bandung.

Kawah Putih adalah yang sangat klasik dan menjadi lokasi favorit bagi mereka yang gemar berswafoto. Berlatar birunya langit, hijau Gunung Patuha berpadu dengan putih asap yang menyelimuti kawah gunung berapi.

Ada pula Kampung Cai Rancaupas yang dapat dijadikan tempat berendam air hangat dan memberi makan rusa-rusa liar di penangkaran. Jika sehari masih dirasa kurang, maka Anda sekeluarga dapat mendirikan tenda di tempat ini. Jangan lupa membawa pakaian hangat karena udara di sini sangat dingin.

3. Kaki Gunung Galunggung

Gunung Galunggung sempat membuat panik warga Jawa Barat pada tahun 1982 karena letusannya yang mahadahsyat. Namun, sisa letusan itu ternyata membawa berkah bagi masyarakat sekitar.

Pemandian Citiis yang berada di Kaki Gunung Galunggung adalah salah satu yang dapat dinikmati. Meski bernama Citiis (Sunda: air dingin), namun kolam pemandian ini justru memiliki air yang hangat.

Pemandian Citiis berada di Kampung Kedung, Desa Padakembang, Kecamatan Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya. Tempat ini mulai banyak dituju para wisatawan karena memberikan pemandangan alam eksotik sembari berendam menikmati kehangatan air Galunggung.

4. Taman Batu eksotik di Purwakarta

Kabupaten Purwakarta kini memiliki satu destinasi wisata baru. Namanya Taman Batu yang terletak di Kampung Lembang Sari, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Purwakarta. Jaraknya hanya 30 kilometer dari pusat kota Purwakarta.

Tak ada petunjuk apa pun menuju lokasi Taman Batu. Bagi pengunjung yang berniat merasakan wisata baru itu rasanya perlu banyak bertanya saat menuju lokasi. Lebih dikenal dengan nama wisata Mata Air Cijanun, warga setempat dengan cepat akan memandu menuju lokasi.

5. Curug Sangiang di kaki Papandayan

Gunung Papandayan di Kabupaten Garut ternyata memiliki keindahan tersembunyi. Ada Curug Sangiang Lantang yang berada kaki Gunung Papandayan, tepatnya di Kecamatan Cisurupan.

Curug atau air terjun ini merupakan tujuan wisata baru. Baru mulai dikembangkan sejak ditemukan Maret 2017 lalu. Meski begitu fasilitasnya sudah mulai dilengkapi. Tempat berfoto di sudut-sudut menarik juga sudah disediakan.

Curug itu terbentuk setelah letusan Gunung Papandayan tahun 2002 lalu.

6. Geopark Ciletuh Palabuhanratu

Salah satu kebanggan Jawa Barat baru-baru ini adalah kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang tak akan lama lagi diakui oleh UNESCO. Boleh dikata, hampir semua sudut di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu adalah tempat wisata.

Yang tak boleh dilewatkan adalah menikmati pemandangan dari Bukit Panenjoan. Amfiteater alam yang membentang akan sangat memanjakan pandangan. Bukit Panenjoan ini juga dikatakan sebagai salah satu sudut terbaik di Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

Jika tak sabar ingin bermain air di pantai, Palabuhanratu tentu tempatnya. Ombaknya yang besar akan sangat cocok jika Anda ingin belajar berselancar. Jika sudah profesional, maka Cimaja yang berombak hingga setinggi 3 meter adalah destinasi wajib.

7. Kemping mewah di Ciater

Jika menjelajah alam dirasa terlalu ribet untuk dilakukan bersama keluarga, tak ada salahnya menikmati suasana pegunungan dengan sarana dan prasarana lengkap yang telah tersedia. Di Ciater, Kabupaten Subang, tepatnya di Sari Ater Hotel & Resort ada fasilitas glamping atau glamour camping untuk keluarga.

Lokasinya agak jauh ke dalam area resort itu. Terdapat barisan tenda dengan fasilitas lengkap. Bahkan tempat tidur dengan bantal dan selimut tebal ada di dalam tenda itu.

Meski demikian, gemericik air sungai di pinggir tenda akan sangat memanjakan pikiran untuk menyambut hari baru tahun depan. Pemandangan alam sekitar pun dapat dinikmati sembari berendam di kolam air hangat.

Sumber : pikiran-rakyat.com

Tanggal : 18 Desember 2017